Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Sewa Jalan Nasional di Tarakan, Ubah Aset Underutilized menjadi Backbone Pengembangan Kota Modern
Tiara Risti Lavenda
Selasa, 20 September 2022 pukul 11:01:18   |   113 kali

Tarakan – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) telah menyatakan komitmennya untuk mengelola aset negara secara optimal, berkelanjutan, instrumental dalam keuangan negara dan kontributif dalam perekonomian nasional. Di Tarakan, komitmen ini diwujudkan salah satunya melalui penyewaan Jalan Nasional sepanjang 1.800 meter. Pemanfaatan aset negara kelolaan Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional I Kalimantan Utara ini berperan besar dalam pembangunan Tarakan Smart City.


Melihat potensi manfaatnya yang sangat besar, optimalisasi aset negara ini diikutsertakan dalam Kompetisi dan Inovasi Manajer Aset (KOIN MAS) 2021/2022 mewakili Kanwil DJKN Kaltimtara, dan berhasil masuk ke babak lima besar. Pada Selasa, 13 September 2022 lalu, dewan juri Koin Mas dari Kantor Pusat DJKN yang dipimpin oleh Kepala Subdirektorat Perumusan Kebijakan Kekayaan Negara Lain-Lain Tunggul Yunianto melaksanakan penilaian, kunjungan lapangan, dan wawancara di lokasi aset maupun kantor/tempat pengguna layanan/mitra.


“Bayangkan saja dengan memanfaatkan sebagian kecil BMN jalan nasional yang sebelumnya underutilized, justru bisa menjadi backbone terwujudnya grand design Tarakan Smart City,” ujar anggota Tim KOIN MAS dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan Nurtina Rahma Fahriza.


Tim KOIN MAS dan dewan juri yang turun ke lapangan menyaksikan langsung hasil pemanfaatan aset negara tersebut. Pada ruas Jalan Nasional yang disewakan, Perumda Tarakan Media Telekomunikasi selaku Penyewa melakukan pemasangan jaringan fiber optic. Pemasangan kabel fiber optic ini berdampak pada peningkatan layanan publik di Kota Tarakan.


Beberapa di antaranya adalah percepatan penyediaan data untuk Mal Pelayanan Publik (MPP) di bawah tanggung jawab Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tarakan, serta mendukung operasional CCTV pada Tarakan Command Center (TCC) di bawah tanggung jawab Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kota Tarakan.


Setelah didukung dengan jaringan fiber optic, kini pemberian layanan pada MPP Kota Tarakan menjadi semakin optimal. Sebanyak 236 jenis layanan dari 24 instansi tersedia di sana, dengan rata-rata kunjungan hingga 250-300 orang per hari. Kemudahan layanan pada MPP Kota Tarakan juga membawa manfaat sosial ekonomi berupa penghematan bagi masyarakat maupun pengusaha. Nilai penghematan tersebut diestimasikan sekitar Rp1,5 miliar dari penghematan waktu perjalanan dan biaya transportasi.

 

Selain kemudahan layanan pada MPP, dampak positif lain terkait pelayanan publik di Kota Tarakan yaitu pada peningkatan layanan pada Tarakan Command Center (TCC). Kabel fiber optic yang disediakan Perumda sangat dirasakan manfaatnya karena sebelumnya, Diskominfo Kota Tarakan menggunakan Frekuensi Radio dengan kecepatan transmisi data yang kurang maksimal. Kualitas layanan yang meningkat dirasakan khususnya pada hasil pantauan CCTV yang dipasang pada 20 titik di wilayah Kota Tarakan. Data pantauan CCTV dapat berguna bagi beberapa instansi pemerintah seperti pemantauan pelanggaran lalu lintas dan kriminalitas, pemantauan kepadatan lalu lintas, pemantauan kondisi lingkungan sekitar, pemantauan kedaruratan bencana.


Selanjutnya Tim KOIN MAS yang merupakan gabungan dari perwakilan Kanwil DJKN Kaltimtara dan KPKNL Tarakan akan terus mengawal pemanfaatan aset negara tersebut agar dapat memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat.

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini