Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
The Asset Manager Beri Ruang untuk Ide dan Inovasi Pengelolaan Aset Negara
Bend Abidin Santosa
Senin, 29 Agustus 2022 pukul 09:24:21   |   187 kali

Yogyakarta - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) menyelenggarakan kompetisi pengelolaan aset negara bergengsi di Indonesia bertajuk “The Asset Manager”. Final yang juga menjadi malam puncak penghargaan The Asset Manager dilaksanakan pada Kamis, (25/8) di Yogyakarta dengan dihadiri oleh Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X.


Dalam pidato kuncinya, Wamenkeu menyatakan Indonesia akan maju sesuai dengan kreativitas bangs Indonesia. “Jika bangsanya kreatif, negeri kita akan terus memperoleh ide dan terobosan baru untuk hal-hal yang mensejahterakan masyarakat. Saya berharap BLU (Badan Layanan Umum - red), kementerian/lembaga, pemerintah daerah dapat terus menciptakan kreativitas dan inspirasi atas aset kelolaannya, sehingga menciptakan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat,” ungkapnya.


Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X menyatakan apresiasi dan menyambut baik penyelenggaraan acara The Asset Manager di Yogyakarta. Ia berharap dapat menjadi bagian dari pergerakan ekonomi melalui kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Tema yang diangkat pada The Asset Manager 2022 kali ini adalah optimalisasi aset negara guna mendukung penguatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Hal ini sejalan dengan semangat penguatan ekonomi melalui penguatan pilar strategis, termasuk pariwisata dan industri kreatif yang dinilai memiliki dampak multiplier bagi perekonomian masyarakat.


Melalui acara ini, LMAN ingin membentuk sumber daya manusia unggulan yang memiliki semangat, paradigma baru dan kemampuan eksekusi yang tinggi di bidang optimalisasi aset negara. Selain itu, kompetisi ini juga diharapkan bisa melahirkan berbagai inovasi baru dan tepat guna dalam hal pengelolaan aset negara sehingga mampu memberikan manfaat finansial, ekonomi dan sosial

sebesar-besarnya.


Adapun peserta kegiatan ini adalah perwakilan Kementerian/Lembaga Negara, Badan Layanan Umum (BLU), Pemerintah Daerah, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Para peserta wajib melampaui tiga babak yaitu penyisihan, semifinal dan final. Dalam masing-masing babak, peserta diberikan kasus yang berkaitan dengan aset negara untuk dianalisa dan dipresentasikan usulan konsepnya kepada dewan juri yang terdiri dari regulator, akademisi maupun praktisi pengelolaan aset.


Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi berharap semangat The Asset Manager tidak akan berhenti setelah acara ini terselenggara. The Asset Manager merupakan perwujudan misi LMAN selaku penggerak optimalisasi aset negara yang diharapkan dapat melahirkan role model asset manager yang memiliki kompetensi serta mindset pengelolaan aset negara yang berorientasi pada inovasi serta adaptif terhadap kebutuhan masyarakat.

Untuk menjaga keberlanjutan semangat para peserta, LMAN juga memberikan wadah bagi para alumni The Asset Manager dalam sebuah komunitas Asset Manager yang menjadi ruang kolaboratif bagi gagasan dan implementasi pengelolaan aset negara.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini