Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Pematang Siantar Raih Tiga Penghargaan Pengelolaan Anggaran
Widya Aprilina Sinaga
Senin, 22 Agustus 2022 pukul 15:15:53   |   440 kali

Pematang Siantar – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pematang Siantar meraih tiga piagam penghargaan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pematang Siantar yang diserahkan kepada Kepala KPKNL Pematang Siantar Agus Setiyo Pambudi pada Senin, (22/8).


Penghargaan pada Semester I Tahun Anggaran 2022 ini terdiri atas Peringkat Terbaik dengan Nilai Sempurna (100) Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Semester I Tahun Anggaran 2022 Kategori Pagu DIPA Kelolaan Kecil, Peringkat Ketiga Pengelolaan Kinerja Pelaksanaan APBN Semester I Tahun Anggaran 2022 Kategori Pagu DIPA Kelolaan Kecil, dan Peringkat Ketiga Kuasa Pengguna Anggaran Inspiratif Semester I Tahun Anggaran 2022.


Kepala KPPN Pematang Siantar Iwan Hanafi menyerahkan penghargaan kepada Kepala KPKNL Pematang Siantar Agus Setiyo Pambudi, sedangkan Penghargaan Peringkat Ketiga Pengelolaan Kinerja Pelaksanaan APBN Semester I Tahun Anggaran 2022 Kategori Pagu DIPA Kelolaan Kecil diserahkan langsung oleh Kepala Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal (MSKI) Ida Royani kepada Kepala Subbagian Umum KPKNL Pematang Siantar, Ester Rini Kartika Simatupang.


Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) adalah indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku BUN untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga. Pengukuran IKPA dilaksanakan melalui tiga aspek, yaitu Kualitas perencanaan anggaran, Kualitas pelaksanaan anggaran dan Kualitas hasil pelaksanaan anggaran.


Pengukuran aspek kualitas perencanaan anggaran merupakan penilaian terhadap kesesuaian antara pelaksanaan anggaran dengan yang direncanakan dan ditetapkan dalam DIPA. Pengukuran aspek kualitas pelaksanaan anggaran merupakan penilaian terhadap kemampuan setiap satuan kerja dalam merealisasikan anggaran yang telah ditetapkan pada DIPA. Pengukuran aspek kualitas hasil pelaksanaan anggaran merupakan penilaian terhadap kemampuan Satker dalam pencapaian output sebagaimana ditetapkan pada DIPA.


IKPA untuk Tahun 2022 berfokus pada peningkatan kualitas belanja yang didukung oleh akselerasi belanja dan capaian output agar mampu berkontribusi optimal dalam membentuk outcome perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Terdapat delapan indikator penilaian kinerja, yaitu Revisi DIPA, Deviasi Halaman III DIPA, Data Kontrak, Penyesuaian Tagihan, Pengelolaan UP dan TUP, Dispensasi SPM, Penyerapan Anggaran dan Capaian Output.


Kepala KPKNL Siantar mengatakan bahwa seluruh Piagam Penghargaan yang diterima oleh KPKNL Pematang Siantar tentunya merupakan hasil kerja keras luar biasa yang dilaksanakan oleh Tim Pengelola Keuangan di KPKNL Pematang Siantar. “Keberhasilan ini juga menunjukkan konsistensi, sinergi, dan kolaborasi Tim Pengelola Keuangan KPKNL Pematang Siantar dalam mewujudkan sistem pengelolaan dan pelaksanaan anggaran yang lebih berkualitas, lebih baik (spending better), dan sesuai dengan tata kelola yang baik (good governance),” ungkapnya.

Pengelolaan anggaran yang baik tentunya diharapkan dapat meningkatkan kredibilitas, akuntabilitas dan sustainability atas pelaksanaan APBN yang dilaksanakan oleh setiap Kementerian/Lembaga. Segenap keluarga besar KPKNL Pematang Siantar mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan, kiranya sinergi dan kolaborasi dapat terus dijalin demi tercapainya tujuan organisasi yang lebih baik.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini