Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Gebyar Lelang UMKM, Dirjen KN Dorong pelaku UMKM untuk Manfaatkan Platform lelang.go.id
Ridho Kurniawan Siregar
Kamis, 04 Agustus 2022 pukul 16:53:53   |   396 kali

Pekanbaru – Direktur Jenderal Kekayaan Rionald Silaban menyampaikan bahwa dengan digitalisasi layanan lelang melalui www.lelang.go.id dan sebaran kantor layanan lelang, baik milik pemerintah maupun swasta di seluruh Indonesia diharapkan mampu memfasilitasi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memperkenalkan dan menjual produknya ke berbagai wilayah Indonesia. “Bahkan untuk mendorong pelaku UMKM tertarik melakukan penjualan melalui mekanisme ini dan masyarakat tertarik membeli produk-produk UMKM melalui lelang, pemerintah menurunkan tarif bea lelang sampai dengan nol persen. Semoga dengan adanya kebijakan tersebut dapat menarik atensi dan pelaku UMKM untuk ikut terlibat dan melaksanakan penjualan melalui lelang,” ujarnya dalam Gebyar Lelang UMKM hasil kerja sama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekanbaru dengan Pemerintah Provinsi Riau pada Kamis, (5/8) di Gedung Daerah Balai Serindit Gubernuran Riau.


Gebyar Lelang Produk UMKM yang dilakukan secara konvensional dan online melalui lelang.go.id dengan total 83 Produk yang terdiri dari kategori hasil seni, kerajinan, textile, dan produk makanan dilelang ini dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur beserta para Bupati di wilayah Provinsi Riau beserta para tamu undangan lainnya yang terdiri dari Satuan Kerja, Perbankan hingga Pelaku UMKM di wilayah Provinsi Riau

Kepala Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau Sudarsono menyampaikan bahwa Pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia sejak maret 2020, telah mengakibatkan kesulitan bagi dunia usaha, khusunya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah serta perubahan perilaku konsumen yang beralih ke media digital dalam mencari produk, menyebabkan pelaku UMKM yang belum mampu beradaptasi secara teknologi makin kesulitan melakukan pemasaran.


“Atas dasar kondisi tersebut, Kementerian Keuangan, dalam hal ini DJKN bekerja sama dengan Pemerintah Propinsi Riau berinisiatif membantu para pelaku UMKM dalam melakukan pemasaran produknya. Dalam hal ini DJKN mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan platform lelang.go.id sebagai sarana pemasaran/penjualan produk-produknya. Acara Gebyar Lelang Produk UMKM ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam membantu UMKM di Propinsi Riau,” ujar Sudarsono.


Sejak tahun 2021, DJKN terus berkomitmen dalam mendorong serta memberdayakan produk UMKM dengan telah menyelenggarakan kegiatan Kompetisi dan Inovasi Lelang Sukarela Produk UMKM (KEDAI Lelang UMKM) yang diadakan oleh KPKNL di seluruh Indonesia. Kegiatan tersebut melibatkan sebanyak 190 pelaku UMKM dari seluruh Indonesia, tak kurang dari 2.967 lot barang UMKM telah ditawarkan dan sebanyak 754 lot barang telah laku terjual degan menghasilkan Pokok Lelang sebesar Rp 499.561.947,00.


Gubernur Riau Syamsuar memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Gebyar Lelang. Syamsuar menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Riau terus mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang mendukung pengembangan UMKM dalam mengatasi permasalahan yang ada. UMKM Provinsi Riau diharapkan  dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam seluruh lini bisnisnya, sehingga bisa naik kelas, memiliki produk yang berkualitas baik dan mampu bersaing di tingkat nasional, bahkan bisa menembus pasar ekspor. “Kita juga berharap UMKM di Propinsi Riau sebagai salah satu pilar ekonomi dapat semakin memperkokoh ekonomi Propinsi Riau menuju Riau Unggul,” sambungnya.


Syamsuar berharap Dengan memanfaatkan platform lelang.go.id ini, setidaknya para pelaku UMKM dapat memperkenalkan produk-produknya secara nasional bahkan internasional. Hal ini dikarenakan produk yang ditayangkan pada platform ini dapat dilihat oleh pembeli dari seluruh Indonesia. “kami menghimbau Bapak/Ibu dapat ikut berkontribusi bagi kemajuan UMKM di Propinsi Riau. Mari kita gunakan produk UMKM Propinsi Riau dalam berbagai kesempatan. Mari kita promosikan produk UMKM  Propinsi Riau, agar produk UMKM Riau semakin meningkat” pesannya.


Dalam kegiatan ini, juga turut dilaksanakan lelang konvensional yang dipandu oleh Pelelang Ahli Muda KPKNL Pekanbaru Ramli Simbolon yang dapat diikuti oleh seluruh tamu undangan. Gubernur Riau memenangkan lelang produk lukisan bakar pirografi ‘Istana Siak Sri Indrapura’ senilai Rp5 juta sedangkan Direktur Jenderal Kekayaan Negara memenangkan sepasang kain siku pepanji berwarna ungu manggis seharga Rp8 juta.


Dengan semangat perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan RI bertemakan “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” dan Ulang Tahun Riau ke 65, diharapkan sinergi DJKN dan Pemerintah Provinsi Riau melalui kegiatan Gebyar Lelang Produk UMKM ini dapat turut mewujudkan “Riau Unggul” dan bersama untuk membantu pemulihan ekonomi

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini