Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kick Off PMO DJKN, Dirjen KN: Pentingnya Komunikasi bagi sang Pembawa Pesan Kunci Perubahan
Eka Wahyu Yuliasari
Rabu, 27 Juli 2022 pukul 00:07:12   |   261 kali

Jakarta – Melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor 112/KMK.01/2022, pembentukan Duta Transformasi merupakan perpanjangan tangan Kementerian Keuangan dalam memastikan kesamaan persepsi, percepatan internalisasi, dan menggali aspirasi dengan berbagai Inisiatif Strategis (IS) Reformasi Birokrasi.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban menekankan bahwa demi menjaga keberlangsungan implementasi inisiatif strategis tersebut, diperlukan peran penting komunikasi dalam manajemen perubahan. Hal ini ditegaskannya dalam acara Kick Off Project Management Office (PMO) DJKN 2022 dan Pembekalan Duta Transformasi yang dilaksanakan secara daring pada Selasa (26/7).


“Aspek komunikasi inilah yang menjadikan peran Duta Transformasi sebagai agen perubahan dan sebagai penyampai pesan kunci proses perubahan yang sedang berlangsung, sehingga dapat meningkatkan awareness seluruh pegawai mengenai proses perubahan itu sendiri,” ujarnya.


Ia menjelaskan bahwa dengan munculnya awareness, diharapkan akan terbentuk kesadaran akan kebutuhan untuk mempersiapkan berbagai sarana pendukung perubahan pada masing-masing individu maupun unit yang akan dimanifestasikan dalam perilaku, cara kerja, dan kesediaan untuk meningkatkan kapasitas sebagai bagian dari adaptasi terhadap perubahan.


“Dengan demikian, keberadaan Duta Transformasi mempunyai peran penting dalam menerapkan implementasi dari manajemen perubahan,” kata Rio.

Dirjen KN menyampaikan apresiasi kepada empat Duta Transformasi di lingkungan DJKN yang pada tahun 2021 telah terpilih dan ditetapkan oleh Menteri Keuangan sebagai Duta Transformasi Terbaik, baik di tingkat Kementerian Keuangan maupun Tingkat Unit Eselon I yaitu Direktorat Kekayaan Negara Dipisahkan, Direktorat Barang Milik Negara (saat ini Direktorat Perumusan Kebijakan Kekayaan Negara), Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara, dan Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara.


Sedangkan kepada para Duta Transformasi yang baru ditetapkan tahun 2022, ia berpesan bahwa tantangan ke depan akan semakin besar. Duta Transformasi  2022 ini memiliki role sebagai management tools dan feedback, yang akan dievaluasi melalui program kerja dengan tema-tema yang telah ditentukan.

"Saya harapkan para Duta Transformasi dapat menjadi inisiator sekaligus katalisator dalam perannya sebagai pendorong perubahan. Saya nantikan karya dan kontribusi Duta Transformasi DJKN di tahun 2022 ini," pintanya.


Pada kesempatan sama, Plt Direktur Transformasi dan Sistem Informasi Joko Prihanto mengenalkan struktur tim PMO yang baru yang kini diketuai oleh Direktur TSI sehubungan dengan perubahan organisasi DJKN pada tahun 2022. Ia juga melaporkan bahwa sampai dengan Triwulan II Tahun 2022, realisasi IKU Inisiatif Strategis Kemenkeu pada DJKN sebesar 55,20% melebihi target yang ditetapkan yaitu 46,00%, dan diharapkan tetap bisa dilanjutkan di triwulan berikutnya dengan realisasi IKU yang dapat melebihi dari target IKU yang telah ditetapkan.


“Saya ingin menekankan kembali kepada Bapak/Ibu sekalian bahwa pelaksanaan Transformasi Kelembagaan di DJKN tidak akan memberikan hasil yang optimal tanpa dukungan dan kolaborasi semua pihak yang terkait, baik itu di internal Kementerian Keuangan maupun yang lebih luas di eksternal, kementerian/Lembaga,” pungkasnya. (lia/hms)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini