Pontianak - Keikutsertaan Kantor Wilayah Direktorat
Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kalimantan Barat dalam kompetisi Kantor Wilayah
Terbaik (KWT) tingkat Kementerian Keuangan Tahun 2022, membuat segenap pejabat
dan pegawai Kanwil DJKN Kalbar semakin meningkatkan kinerja dan kualitas
layanan, salah satunya dengan intens melakukan publikasi untuk
mensosialisasikan KWT, produk layanan, inovasi layanan berbasis IT, proses
bisnis yang cepat, sarana prasarana yang semakin baik. Bersinergi dengan RRI
Pontianak, Kanwil DJKN Kalbar
mempublikasikan keikutsertaan Kanwil DJKN Kalbar dalam KWT, dengan narasumber
Kepala Bidang Kepatuhan Internal Hukum dan Informasi (KIHI) Kanwil DJKN Kalimantan Barat Kristijanindyati Puspitasari
pada Rabu, (29/6).
Dipandu oleh presenter RRI Mustofa dan Indra acara bincang
RRI mengalir dengan santai namun serius. Berbagai pertanyaan mengenai DJKN,
tugas dan kewenangannya, kebijakan baru apa saja yang dikeluarkan DJKN dan
tentunya mengenai keikutsertaan Kanwil DJKN Kalbar dalam KWT.
Puspitasari menjelaskan KWT merupakan penilaian atas kinerja dan kualitas pelayanan pada
instansi vertikal di lingkungan Kementerian Keuangan. Masing-masing eselon 1 di
Kementerian Keuangan yang memiliki unit vertikal mengirimkan wakilnya untuk
mengikuti kompetisi ini, baik tingkat Kantor Wilayah maupun Kantor Pelayanan.
Tentunya unit yang terpilih merasa bangga untuk mengikuti ajang kompetisi yang
bergengsi di tingkat Kementerian Keuangan.
Kompetisi KWT memang belum banyak diketahui oleh masyarakat
secara luas dibandingkan penilaian instansi pemerintah dalam ZI WBK/WBBM.
Pertanyaan presenter
RRI mengenai bagaimana strategi Kanwil DJKN Kalbar dalam mempersiapkan diri
mengikuti seleksi penilaian KWT di internal DJKN sampai berhasil terpilih
mewakili DJKN serta persiapan untuk penilaian KWT di tingkat kementerian
Keuangan secara nasional.
Puspitasari menjelaskan berbagai strategi dan upaya yang
dilakukan antara lain pertama, menyamakan mind set dan culture set SDM sesuai
dengan motto dan janji layanan Kanwil DJKN Kalbar. “Dengan motto SEMPURNA yakni
SEMangat, Proaktif, tUlus, Ramah dan Amanah serta memberikan yang terbaik bagi
Stakeholders dengan memberikan layanan yang cepat, tepat dan tuntas,” ungkapnya.
Pembentukan mind set dan culture set setiap hari dengan
kegiatan Pagi Dinamis, lanjutnya, diharapkan dapat membentuk karakter disiplin
serta selalu diingatkan dengan visi misi DJKN, motto dan janji layanan.
Kedua, komitmen pimpinan beserta jajaran untuk memberikan
pelayanan publik yang prima dan berintegritas, dimana seluruh pejabat dan
pegawai memiliki komitmen yang sama untuk memberikan layanan terbaik kepada
Stakeholders, proaktif dan cepat. Ketiga, selalu menjalin intimasi dengan
Stakeholders secara intens dan berkelanjutan seperti memberikan sosialisasi
peraturan/kebijakan yang berlaku, memberikan bimbingan teknis dalam pengelolaan
BMN, Lelang, Piutang negara, Penilaian, memberikan ucapan selamat hari jadi
instansi/pimpinan satker, mengucapkan selamat hari raya.
Keempat, membangun dan memperbaiki serta melengkapi sarana
prasarana serta fasilitas untuk kenyamanan Stakeholders.Kelima menciptakan
inovasi unggulan yang original untuk meningkatkan kualitas layanan, memudahkan
dan mempercepat dalam melaksanakan tugas dan fungsi baik inovasi berbasis IT
maupun tidak berbasis IT seperti layanan online Simpelman dengan link https://simpelman.kemenkeu.go.id,
helpdesk atau konsultasi secara online https://helpdesk.djknkalbar.net/,
buku tamu dan survey kepuasan secara online, maupun inovasi tidak berbasis IT
seperti pemberian asistensi permohonan kerjasama Pemanfaatan BMN diberikan
dalam tiga hari kerja, pemberian bimbingan teknis lelang dalam tiga hari kerja,
melakukan perjanjian kerjasama dengan Kejaksaan Tinggi Kalbar untuk percepatan
layanan penilaian dan lelang atas barang sitaan dan barang rampasan serta
perjanjian kerjasama untuk penagihan Piutang Negara dengan Untan.
Keenam, melakukan publikasi secara intens untuk mensosialisasikan
kinerja dan layanan Kanwil DJKN Kalbar melalui berbagai media yaitu TVRI, RRI,
media sosial, website.
Ketujuh, memiliki sarana pengaduan dengan media telepon,
email, whatsapp dan helpdesk. Kedelapan berupaya meningkatkan Nilai Kinerja
Organisasi setiap tahun.
Ia juga menyampaikan mengenai inovasi dan terobosan baru
yang merupakan unggulan Kanwil DJKN Kalbar dimana kanwil DJKN Kalbar sebagai
Pengelola Barang melakukan efisiensi ruang dengan mengoptimalkan penggunaan
gedung antara lain dengan menyewakan ruang pada sayap kiri gedung untuk PT BRI
yang digunakan sebagai kantor kas, pemanfaatan
ruang untuk pelaku UMKM bekerja sama dengan dinas Provinsi Kalimantan Barat
sehingga pelaku UMKM memiliki tempat untuk memasarkan dan memamerkan produknya,
pemanfaatan ruang untuk café dan coffee shop, serta adanya ruang Pojok SMV agar
BUMN dan BLU di bawah Kementerian Keuangan semakin dekat kepada masyarakat.
“Berbagai upaya untuk semakin meningkatkan kinerja dan
kualitas pelayanan dilakukan secara terus menerus serta secara konsisten
memberikan layanan yang cepat, tepat dan tuntas kepada Stakeholders sesuai
dengan janji layanan Kanwil DJKN Kalimantan Barat,” pungkas wanita yang akrab disapa
Bu Pita ini.