Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Bincang RRI Pontianak, Kanwil DJKN Kalbar Menuju Kanwil Terbaik Kemenkeu Tahun 2022
Ayundari
Kamis, 30 Juni 2022 pukul 10:53:39   |   370 kali

Pontianak - Keikutsertaan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kalimantan Barat dalam kompetisi Kantor Wilayah Terbaik (KWT) tingkat Kementerian Keuangan Tahun 2022, membuat segenap pejabat dan pegawai Kanwil DJKN Kalbar semakin meningkatkan kinerja dan kualitas layanan, salah satunya dengan intens melakukan publikasi untuk mensosialisasikan KWT, produk layanan, inovasi layanan berbasis IT, proses bisnis yang cepat, sarana prasarana yang semakin baik. Bersinergi dengan RRI Pontianak,  Kanwil DJKN Kalbar mempublikasikan keikutsertaan Kanwil DJKN Kalbar dalam KWT, dengan narasumber Kepala Bidang Kepatuhan Internal Hukum dan Informasi (KIHI) Kanwil DJKN Kalimantan Barat Kristijanindyati Puspitasari pada Rabu, (29/6).


Dipandu oleh presenter RRI Mustofa dan Indra acara bincang RRI mengalir dengan santai namun serius. Berbagai pertanyaan mengenai DJKN, tugas dan kewenangannya, kebijakan baru apa saja yang dikeluarkan DJKN dan tentunya mengenai keikutsertaan Kanwil DJKN Kalbar dalam KWT.


Puspitasari menjelaskan KWT merupakan penilaian  atas kinerja dan kualitas pelayanan pada instansi vertikal di lingkungan Kementerian Keuangan. Masing-masing eselon 1 di Kementerian Keuangan yang memiliki unit vertikal mengirimkan wakilnya untuk mengikuti kompetisi ini, baik tingkat Kantor Wilayah maupun Kantor Pelayanan. Tentunya unit yang terpilih merasa bangga untuk mengikuti ajang kompetisi yang bergengsi di tingkat Kementerian Keuangan.

Kompetisi KWT memang belum banyak diketahui oleh masyarakat secara luas dibandingkan penilaian instansi pemerintah dalam ZI WBK/WBBM.


Pertanyaan presenter RRI mengenai bagaimana strategi Kanwil DJKN Kalbar dalam mempersiapkan diri mengikuti seleksi penilaian KWT di internal DJKN sampai berhasil terpilih mewakili DJKN serta persiapan untuk penilaian KWT di tingkat kementerian Keuangan secara nasional.

Puspitasari menjelaskan berbagai strategi dan upaya yang dilakukan antara lain pertama, menyamakan mind set dan culture set SDM sesuai dengan motto dan janji layanan Kanwil DJKN Kalbar. “Dengan motto SEMPURNA yakni SEMangat, Proaktif, tUlus, Ramah dan Amanah serta memberikan yang terbaik bagi Stakeholders dengan memberikan layanan yang cepat, tepat dan tuntas,” ungkapnya.

Pembentukan mind set dan culture set setiap hari dengan kegiatan Pagi Dinamis, lanjutnya, diharapkan dapat membentuk karakter disiplin serta selalu diingatkan dengan visi misi DJKN, motto dan janji layanan.


Kedua, komitmen pimpinan beserta jajaran untuk memberikan pelayanan publik yang prima dan berintegritas, dimana seluruh pejabat dan pegawai memiliki komitmen yang sama untuk memberikan layanan terbaik kepada Stakeholders, proaktif dan cepat. Ketiga, selalu menjalin intimasi dengan Stakeholders secara intens dan berkelanjutan seperti memberikan sosialisasi peraturan/kebijakan yang berlaku, memberikan bimbingan teknis dalam pengelolaan BMN, Lelang, Piutang negara, Penilaian, memberikan ucapan selamat hari jadi instansi/pimpinan satker, mengucapkan selamat hari raya.


Keempat, membangun dan memperbaiki serta melengkapi sarana prasarana serta fasilitas untuk kenyamanan Stakeholders.Kelima menciptakan inovasi unggulan yang original untuk meningkatkan kualitas layanan, memudahkan dan mempercepat dalam melaksanakan tugas dan fungsi baik inovasi berbasis IT maupun tidak berbasis IT seperti layanan online Simpelman dengan link https://simpelman.kemenkeu.go.id, helpdesk atau konsultasi secara online https://helpdesk.djknkalbar.net/, buku tamu dan survey kepuasan secara online, maupun inovasi tidak berbasis IT seperti pemberian asistensi permohonan kerjasama Pemanfaatan BMN diberikan dalam tiga hari kerja, pemberian bimbingan teknis lelang dalam tiga hari kerja, melakukan perjanjian kerjasama dengan Kejaksaan Tinggi Kalbar untuk percepatan layanan penilaian dan lelang atas barang sitaan dan barang rampasan serta perjanjian kerjasama untuk penagihan Piutang Negara dengan Untan.


Keenam, melakukan publikasi secara intens untuk mensosialisasikan kinerja dan layanan Kanwil DJKN Kalbar melalui berbagai media yaitu TVRI, RRI, media sosial, website.


Ketujuh, memiliki sarana pengaduan dengan media telepon, email, whatsapp dan helpdesk. Kedelapan berupaya meningkatkan Nilai Kinerja Organisasi setiap tahun.


Ia juga menyampaikan mengenai inovasi dan terobosan baru yang merupakan unggulan Kanwil DJKN Kalbar dimana kanwil DJKN Kalbar sebagai Pengelola Barang melakukan efisiensi ruang dengan mengoptimalkan penggunaan gedung antara lain dengan menyewakan ruang pada sayap kiri gedung untuk PT BRI yang digunakan sebagai kantor kas,  pemanfaatan ruang untuk pelaku UMKM bekerja sama dengan dinas Provinsi Kalimantan Barat sehingga pelaku UMKM memiliki tempat untuk memasarkan dan memamerkan produknya, pemanfaatan ruang untuk café dan coffee shop, serta adanya ruang Pojok SMV agar BUMN dan BLU di bawah Kementerian Keuangan semakin dekat kepada masyarakat.


“Berbagai upaya untuk semakin meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan dilakukan secara terus menerus serta secara konsisten memberikan layanan yang cepat, tepat dan tuntas kepada Stakeholders sesuai dengan janji layanan Kanwil DJKN Kalimantan Barat,” pungkas wanita yang akrab disapa Bu Pita ini.

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini