Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Menkeu : Make Yourself Ready and Create Better Environment For Work
Arifin Nurhartanto
Rabu, 22 Juni 2022 pukul 18:55:50   |   153 kali

Yogyakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengajak seluruh pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk bersiap diri dalam menghadapi berbagai tantangan dunia kedepan dengan menciptakan suasana lingkungan kerja yang lebih baik, positif, adaptif, produktif, kolaboratif, dan challenging. “Banyak tantangan kedepan. Masalah pandemi, climate change, geopolitik, kemiskinan, pengangguran, demografi muda, infrastruktur belum terbangun semua, dan lainnya, “ ungkap Menkeu dalam acara Town Hall Meeting Kemenkeu bertempat di Gedung Keuangan Negara Yogyakarta, Selasa (21/6) lalu.


Ia menambahkan bahwa pasti ada ruang untuk perbaikan, menemukan hal-hal baru, dan sebagai pimpinan harus dapat membuat environment yang terbuka untuk mengungkapkan kesalahan. “Kebesaran suatu unit bergantung pada personality pimpinan. Makin tinggi level pimpinan, harus jembar kalangane, juga jembar atine (red-luas wawasannya, luas hatinya) ,” ujar Menkeu.


Menkeu menjelaskan bahwa desain organisasi Kemenkeu harus mencerminkan keseimbangan antara insentive signal untuk para pegawai berprestasi, kompetisi yang sehat, dengan suatu sinergi dan kekeluargaan kolaborasi yang kuat, dan itu tidak mudah.


Dalam kesempatan tersebut, Menkeu juga mengingatkan para pegawai Kemenkeu bahwa pandemi belum berakhir. Masih terjadi krisis di berbagai belahan dunia, laju inflasi yang tinggi, kenaikan harga energi, kenaikan harga komoditi, yang mempengaruhi neraca keuangan Negara Indonesia, sehingga keberadaan Kemenkeu sebagai garis terdepan, tengah dan belakang mengawal instrumen Keuangan Negara sangat penting. “Keuangan Negara tidak boleh dibiarkan asal ngglundung (red-asal-asalan),” pesan Menkeu.


Mengakhiri acara tersebut, Menkeu menyatakan tidak menjanjikan sebuah hidup yang mudah, namun menjanjikan sebuah environment kerja yang excited, sebuah kehidupan yang haus akan tantangan, yang membuat para pegawai untuk berbuat lebih baik dan terus berprestasi. “Karena itu ada di dalam DNA Kemenkeu,” terang Menkeu.


Acara yang bertajuk Penguatan Kolaborasi Kemenkeu Satu Mengawal APBN 2022 tersebut dimoderatori oleh Sekretaris Jenderal Kemenkeu Heru Pambudi dan diikuti oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Rionald Silaban, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Febrio Nathan Kacaribu, Para Pejabat Eselon II, III, IV, Special Mission Vehicle dan para pegawai Kemenkeu, baik yang hadir fisik maupun daring.


Pada kesempatan sebelumnya, Dirjen KN Rionald Silaban menyampaikan laporan kepada Menkeu bahwa kegiatan kunjungan kerja telah menjadi agenda rutin dwi mingguan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) tiap bulannya secara daring, dengan melakukan percakapan langsung dengan para pegawai.

Rio, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa keberhasilan DJKN berasal dari penerapan nilai-nilai dan budaya kerja Kemenkeu secara terstruktur, sistematis, dan massif, baik dari atasan hingga bawahan. (Tulisan/Foto : Arifin/Biro KLI/KPKNL Yogyakarta)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini