Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Rapat Pertanggungjawaban LPEI 2021, Kualitas Aset Membaik.
Safrila Kartika Nisa
Jum'at, 17 Juni 2022 pukul 15:43:00   |   100 kali

Jakarta - Direktur Eksekutif Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) Rijani Tirtoso memapaparkan kinerja dan capaian Indikator Kinerja Utama LPEI selama tahun 2021 di hadapan Direktur Jenderal Kekaayaan Negara pada Rabu (15/6) di Kantor LPEI.

Dalam agenda Rapat Pertanggungjawaban LPEI Tahun 2021 tersebut, dijelaskan juga mengenai berbagai upaya yang telah dilakukan LPEI dalam melaksanakan mandat dan penugasan Pemerintah serta upaya LPEI dalam memperbaiki kualitas aset.

Didampingi seluruh anggota Dewan Direktur dan manajemen LPEI, secara umum Rijani menjelaskan bahwa di tengah kondisi ekonomi dan tantangan yang di hadapi LPEI di tahun 2021, LPEI dapat merealisasikan sebagian besar target dari 8 prioritas utama yang telah ditetapkan dalam Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan 2021.

Adapun capaian tersebut diantaranya adalah pengelolaan dan perbaikan kualitas aset yang terlihat dari rasio Non-Performing Loan (NPL) Gross dan Net yang turun melebihi target, pengembangan bisnis UMKM & UMBE melalui penciptaan 5 program Desa Devisa (15 desa administrative), melibatkan 2.144 pelaku usaha dan menghadirkan 437 produk UMKM di global marketplace.

Lebih lanjut, terkait upaya penguatan internal dan operasional LPEI, Rijani telah membentuk 6 Task Force dengan tugas yang berbeda-beda yaitu Task Force untuk penanganan NPL, Loan Review, Business Development, Treasury, IT & Operational, dan Sumber Daya Manusia & Culture.

Menambahkan penjelasan dari Rijani, anggota Dewan Direktur, Felia Salim menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2021, telah banyak perbaikan yang dilakukan LPEI, salah satunya melalui revisi dan penyusunan berbagai aturan di internal LPEI.

Sejalan dengan yang dikatakan Felia, anggota Dewan Direktur dari Kementerian Perdagangan, Kasan menambahkan “Achievement tahun 2021 lalu memang belum sepenuhnya tercapai, namun dilihat dari rasio, kinerja LPEI mulai menunjakkan peningkatan”

Menilai kondisi LPEI saat ini, Direktur Jenderal Kekaayaan Negara, Rionald Silaban menyampaikan apresiasi atas capaian LPEI sepanjang 2021 dan upaya yang telah dilakukan LPEI terutama atas pelaksanaan penugasan Pemerintah. Meski demikian, menurut Rionald upaya menjaga kesehatan financial LPEI tetap menjadi prioritas utama.

Lebih lanjut Rionald juga berharap LPEI bisa menjadi institusi terkemuka yang mendukung Pemerintah dalam melaksanakan Pembiayaan Ekspor Nasional. Karena itu sangat penting bagi LPEI saat ini untuk segera mengembalikan kekuatan “kapal” LPEI.

Selanjutnya, hasil rapat tersebut akan disampaikan kepada Menteri Keuangan guna memperoleh pengesahan dan persetujuan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini