Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Satukan Gerak Langkah Pasca Reorganisasi, DJKN Adakan Rapimtas Tahun 2022
Slamet Adi Priyatna
Senin, 06 Juni 2022 pukul 12:47:33   |   522 kali

Denpasar – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) mengadakan Rapat Pimpinan Terbatas (Rapimtas) selama tiga hari mulai Kamis - Sabtu, (2-4/6) di Merusaka Hotel Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Acara ini mengambil tema “ Penyatuan Gerak Langkah DJKN Pasca Reorganisasi.” Acara  dihadiri oleh Dirjen KN, Sekretaris DJKN, para Direktur di lingkungan DJKN, Direktur Utama LMAN, para Tenaga Pengkaji, para Kepala Kanwil DJKN seluruh Indonesia.


Acara dimulai Kamis (02/6) dengan diawali laporan dari Sekretaris DJKN Dedi Syarif Usman dan pembacaan do’a. Acara kemudian dilanjutkan dengan arahan umum oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban. Dalam arahannya, Dirjen KN menyampaikan banyaknya jumlah dan ragam tantangan yang dihadapi Indonesia mengharuskan APBN menjadi shock absorber yang mampu melindungi masyarakat dan mendukung pemulihan ekonomi nasional. Pelaksanaan kebijakan fiskal pada tahun 2023 akan berfokus pada penguatan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), akselerasi pembangunan infrastruktur, reformasi birokrasi dan regulasi serta mendukung revitalisasi industri dengan mendorong pembangunan ekonomi hijau. "DJKN hadir dengan warna baru setelah reorganize struktur organisasi menjadi sebuah unit organisasi pemerintahan yang semakin sesuai dengan tujuan organisasi atau fit for purpose, lebih tangkas atau agile, kaya akan fungsi, serta berstruktur zero/minus growth," ungkapnya.


Rionald juga menyampaikan bahwa rapimtas ini akan membahas bagaimana menyatukan komitmen dan langkah seluruh pimpinan serta pegawai DJKN setelah penataan organisasi. Selain itu, bagaimana strategi DJKN men-deliver layanan-layanan yang dijanjikan dengan meningkatkan akselerasi dan akurasi di sisi delivery proses sehingga semakin efektif dalam memenuhi ekspektasi  publik dan memberikan kepuasan kepada para stakeholders. “Kita diharapkan dapat lebih fleksibel dalam mengatur dan membagi resource yang ada terlebih tantangan yang dihadapi DJKN kedepan akan semakin besar, seperti project pemindahan Ibu Kota Negara, satuan tugas BLBI, sertifikasi BMN, Crash Program piutang negara dan target yang semakin challenging yang memerlukan resources dan perhatian lebih,” tambah Dirjen KN.


Dirjen KN berharap agar pimpinan bisa menjadi role model bagi para pegawai untuk berani mengambil keputusan dan melakukan tindakan konkrit sesuai kewenangannya. Tentunya dengan analisis-analisis yang didasarkan pada informasi yang berasal dari sumber data yang robust dan sama. Di akhir sambutannya, Dirjen KN menyampaikan kita laksanakan rapimtas DJKN tahun 2022 ini dengan penuh semangat dan menjaga komitmen serta memperkuat monitoring dan evaluasi tindak lanjutnya sebagai wujud continuous improvement. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembahasan current issue kantor vertikal DJKN seperti  Pengelolaan piutang negara, Pengelolaan asset eks BLBI, Pengelolaan BMN, Penilaian dan Pengembangan aplikasi,interkoneksi dan digitalisasi dan dilanjutkan dengan kegiatan sharing session sekaligus ramah tamah.


Pada hari  kedua (03/6) acara rapimtas dimulai dengan membahas beberapa topik antara lain Monitoring dan evaluasi capaian kinerja, Resiko dan rencana aksi Kemenkeu-One DJKN seperti pembahasan IKU Persentase Penurunan Nilai Outstanding Piutang negara, Persentase Bidang tanah BMN yang disertifikatkan, Persentase Penyelesaian BKPN dan lain-lain. Selanjutnya yaitu Membahas Strategic issues Direktorat Teknis DJKN yaitu antara lain pengelolaan kekayaan negara dan peran DJKN dan LMAN terkait konseptualisasi asset IKN lama agar tepat guna dan tepat sasaran. Selain itu,dibahas juga terkait Budaya Organisasi dan Mutasi Antar Unit Eselon I serta Zona integritas WBK/WBBM dan penguatan internal control.


Pada hari ketiga (04/06) diselenggarakan kegiatan Morning Funwalk yang diikuti oleh seluruh peserta rapimtas dan dilanjutkan acara pembacaan butir-butir hasil Rapimtas DJKN tahun 2022. Pembacaan butir-butir ini disampaikan oleh Kakanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara Anugrah Komara. Ada 19 butir-butir penting rapimtas ini yang berhasil disepakati dan memerlukan tindak lanjut serta bentuk dukungan seluruh unit yang tekait akan disampaikan lebih lanjut. (Yuniantoro Sudrajad/Kanwil DJKN Balinusra)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini