Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kemenkeu Prov. Kalteng Adakan Press Conference Kinerja APBN hingga April 2022
Rohman Juani
Selasa, 24 Mei 2022 pukul 17:23:14   |   166 kali

Palangka Raya – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palangka Raya menghadiri Press Conference Kinerja APBN Tahun Anggaran 2022 Provinsi Kalimantan Tengah s.d. 30 April 2022, yang diselenggarakan pada Selasa, (24/5) di Front Office Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (DJPB) Kalimantan Tengah. Kegiatan ini dihadiri oleh Kanwil DJPb Kalimantan Tengah, KPPN Palangka Raya, KPP Pratama Palangka Raya, KPPBC Palangka Raya, KPKNL Palangka Raya serta seluruh awak media.

Kepala KPKNL Palangka Raya R.B. Sigit Budi Prabowo menyampaikan kinerja realisasi penerimaan negara bukan pajak (PNBP) terkait Pengelolaan Kekayaan Negara s.d. 30 April 2022 mencapai Rp3,80 M (56,17 persen) dengan kontribusi dari PNBP Aset, PNBP Piutang Negara, dan PNBP Lelang. Kontribusi Realisasi PNBP dari Pengelolaan Kekayaan Negara ini merupakan realisasi PNBP dari dua KPKNL pada Provinsi Kalimantan Tengah yaitu KPKNL Palangka Raya dan KPKNL Pangkalan Bun.

Kepala KPKNL Palangka Raya juga menyampaikan bahwa saat ini DJKN/KPKNL ada beberapa kegiatan besar yang dilakukan yaitu Sertipikasi BMN, Penghitungan Tingkat Penggunaan BMN dengan SBSK, Portofolio Aset, Keringanan Utang, dan Pojok SMV serta Kedai Lelang UMKM. Kepala KPKNL Palangka Raya juga menghimbau kepada pelaku UMKM untuk ikut serta dalam program Lelang Produk UMKM yang dilaksanakan oleh KPKNL Palangka Raya.

Sebelumnya, Kepala Kanwil DJPb Kalimantan tengah, Hari Utomo menyampaikan Perkembangan Fiskal Regional Kalimantan Tengah, Perkembangan Ekonomi Makro-Kesra regional Kalimantan Tengah, dan Current Issues Regional Kalimantan Tengah.

Hari Utomo menyoroti bahwa Kinerja Penyaluran DAK Fisik pada Pemerintah Daerah di Kalimantan Tengah masih rendah. Dari pagu Rp 1.590.824.537.000 masih direalisasikan Rp 74.031.219.715 (4,65 persen). Hari Utomo pun tetap akan menghimbau agar DAK Fisik pada Pemerintah Daerah di Kalimantan Tengah segera direalisasikan.

Current Issues Regional Kalimantan Tengah, disampaikan mengenai Perkembangan Covid-19 s.d. 30 April 2022. Penyebaran kasus harian Covid-19 terus mengalami penurunan pada bulan April 2022, sehingga dapat mendorong peningkatan aktivitas perekonomian masyarakat. Konflik Rusia-Ukraina memicu ketatnya pasokan harga minyak sawit mentah (CPO), ketatnya pasar minyak nabati dunia. Permintaan CPO dunia menguat karena pasar mencari sumber pasokan alternatif. Peningkatan permintaan tersebut berdampak pada kenaikan harga CPO internasional, serta current issue mengenai  Pemberdayaan UMKM dan Program Pengungkapan Sukarela.

Acara press conference berjalan dengan lancar. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan keterbukaan data mengenai kinerja APBN Provinsi Kalimantan Tengah dapat tersampaikan ke masyarakat. (Teks/Foto: Rohman Juani: Seksi HI PKY).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini