Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Dukung UMKM Siap Ekspor, DJKN-LPEI Jalin Kerja Sama dengan Pemerintah Aceh
Rachmadi
Jum'at, 15 April 2022 pukul 11:24:24   |   253 kali

Banda Aceh - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) bersama Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) menjalin kerja sama dengan Pemerintah Aceh dalam upaya meningkatkan ekspor nasional pada Kamis (14/04) di Meuligoe Gubernur Aceh. Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah MT., mengatakan, kolaborasi antara DJKN dengan LPEI itu dilakukan untuk memberikan fasilitas pembiayaan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Koperasi, guna memperkuat sektor usahanya. Ia berharap, dengan dukungan itu sektor UMKM dan koperasi bisa naik kelas menjadi usaha yang berorientasi kepada ekspor. “Langkah Pemerintah ini tentu layak kita sambut, mengingat sektor UMKM merupakan tulang punggung penggerak ekonomi dalam negeri,” ungkap Nova.

 

Lebih lanjut Gubernur Aceh mengatakan bahwa Pemerintah Aceh berharap agar kerja sama yang dijalin dapat segera diaplikasikan sehingga pegiat UMKM dan Koperasi di Aceh siap mengatur langkah guna merebut peluang yang ada. “Pemerintah Aceh juga akan memberi berbagai kemudahan bagi sektor UMKM dan koperasi untuk kelancaran usaha ekspor ini. Dengan demikian, kerja sama ini tidak hanya bisa melahirkan eksportir baru dari Aceh, tapi juga memperkuat misi Pemerintah Aceh untuk mengaktifkan jalur transportasi dan gerbang ekspor yang ada dari daerah kita ini,” jelasnya.

 

Kepala Kanwil DJKN Provinsi Aceh Syukriah H.G yang juga turut menyaksikan penandatanganan kerja sama tersebut mengungkapkan bahwa kesepakatan bersama yang difasilitasi oleh Kanwil DJKN Aceh itu adalah bagian dari Program Pojok SMV. Program tersebut merupakan kerja sama antara pihaknya dan pemerintah Aceh tentang pengembangan kapasitas industri kecil dan menengah, koperasi, serta UMKM berorientasi ekspor.

 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif LPEI Rijani Tirtoso mengatakan bahwa potensi ekspor UMKM dapat dimaksimalkan melalui program pengembangan UMKM berorientasi ekspor LPEI seperti Coaching Program for New Exporter (CPNE), Business Matching Program, dan Desa Devisa. “Kami sangat yakin bahwa potensi komoditas ekspor di wilayah Aceh yang dikolaborasikan dengan berbagai program LPEI dapat memacu pertumbuhan ekspor di Sumatera khususnya di Aceh,” terangnya. (Narasi/Foto: Tim PPIPEKMA Kanwil DJKN Aceh/Rachmadi)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini