Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Lantik Jajaran Direksi PT Geo Dipa Energi, Menkeu Harapkan Maksimalisasi Pengembangan Renewable Energy
Muhammad Ridho Arve
Jum'at, 08 April 2022 pukul 11:52:17   |   223 kali

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melantik anggota direksi PT Geo Dipa Energi (Persero) (GDE), Kamis (07/04) di Gedung Djuanda I Kementerian keuangan.

 

M. Ikbal Nur diangkat sebagai Direktur Utama PT GDE menggantikan Riki Firmandha Ibrahim. Kemudian, pergantian juga dilakukan pada posisi Direktur Operasi yang kini dijabat Yudistian Yunis, serta Direktur Umum dan SDM yang kini dijabat Supriadinata Marza.


Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban memimpin prosesi pengambilan sumpah jabatan jajaran direksi PT GDE yang baru dilantik. Momen ini disaksikan langsung oleh Menkeu dan para pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan.

 

Setelah prosesi pengambilan sumpah, Menkeu menyampaikan arahannya. Menkeu dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran direksi PT GDE sebelumnya yang telah berdedikasi melaksanakan tugas membangun korporasi. Menkeu juga berpesan kepada anggota direksi baru untuk menjadikan PT GDE sebagai perusahaan yang memiliki peran strategis dalam pemenuhan kebutuhan energi ditengah perubahan iklim yang merupakan isu perhatian dunia.

 

“Sudah seharusnya PT Geo Dipa bisa menjadi perusahaan yang mampu terus mengeksplorasi dan mengembangkan apa yang disebut energi renewable bagi kebutuhan Indonesia ke depan. Geothermal merupakan salah satu sumber yang diandalkan. Saya berharap para direksi memahami kebutuhan strategis, baik karena dipicu oleh kondisi global maupun karena kepentingan nasional,” ujar Menkeu.

 

Menkeu menekankan bahwa Kementerian Keuangan merupakan salah satu kementerian yang sangat mendorong komitmen Indonesia terhadap Nationally Determined Contribution (NDC) untuk menghindari bencana perubahan iklim melalui berbagai instrumen di dalam APBN.

 

“Saya berharap seluruh direksi juga familiar dengan berbagai instrumen yang ada dan bekerjasama, baik dengan Kementerian Keuangan sebagai shareholder dan PLN juga sebagai co-shareholder, maupun dengan SMV yang lain sehingga kita bisa memaksimalkan dampak pembangunan dan memaksimalkan kesempatan investasi di bidang renewable energy,” ujar Menkeu.

Sri Mulyani juga berharap dengan dilantiknya anggota direksi baru GDE, mampu melakukan berbagai terobosan dalam percepatan pemanfaatan energi terbarukan di sektor panas bumi, menjalankan komitmen dalam upaya mengurangi emisi karbon menuju Net Zero Emission, serta menerapkan prinsip-prinsip Good Governance untuk mencapai target-target yang telah ditetapkan bagi perusahaan. (arv/ foto:arv,bay,law,zalf)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini