Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Dirjen KN Resmikan Pojok SMV di 17 Kanwil DJKN
Alief Ibnu Nuzul
Rabu, 23 Maret 2022 pukul 13:51:12   |   185 kali

Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Rionald Silaban meresmikan “Pojok SMV” di 17 Kantor Wilayah (Kanwil) DJKN di seluruh Indonesia, Rabu (23/03). Dalam acara peresmian yang dilaksanakan secara daring tersebut, Rionald berpesan kepada jajarannya agar Pojok SMV tidak sekedar dimaknai sebagai sebuah ruangan berlabel secara simbolis. “Saya harap Pojok SMV dapat menjadi sebuah sarana dan wadah kolaborasi nyata, dimana Bapak-Ibu sekalian dapat menjalankan peran sebagai penghubung antara SMV (Special Mission Vehicle) dan wilayah kerja Bapak-Ibu,” tegasnya.

 

Lebih lanjut, Rionald menambahkan bahwa Pojok SMV harus menjadi wujud nyata perluasan kontribusi DJKN dan SMV dalam mengkatalisasi perekonomian nasional. Ia juga berharap agar layanan yang disediakan akan mampu memfasilitasi masyarakat dalam menjangkau dan memanfaatkan fiscal tools yang telah pemerintah siapkan melalui kelima SMV Kementerian Keuangan, yaitu: Lembaga Penjaminan Ekspor Indonesia, PT Geodipa Energi (Persero), PT Sarana Multigriya Finansial (Persero), PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero).

 

Dijelaskan Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan (KND) Meirijal Nur, Pojok SMV merupakan wahana komunikasi dan kolaborasi antara SMV dan Kanwil DJKN yang berfungsi untuk menjembatani SMV dan para pemangku kepentingan di daerah secara dua arah dengan mengoptimalkan peran Kanwil DJKN. Untuk mendukung pelaksanaannya, berbarengan dengan peresmian Pojok SMV, Dirjen KN juga turut mengukuhkan 17 pegawai sebagai SMV Icon yang bertindak sebagai agen dari SMV di masing-masing Kanwil DJKN.

 

“Susun kajian-kajian terkait potensi kerjasama di daerah Bapak-Ibu yang sekiranya mampu meningkatkan nilai SMV kita, sekaligus dapat meningkatkan perekonomian di wilayah kerja masing-masing,“ ungkap Rionald usai pengukuhan. Ia berharap agar para SMV Icon akan mampu memberikan benefit lebih kepada para SMV melalui kajian-kajian ekonominya di daerah.

 

Keberadaan Pojok SMV dan SMV Icon di seluruh Kanwil DJKN ditujukan untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergi antara SMV dan Kementerian Keuangan. Dengan adanya program ini, DJKN berharap agar masyarakat di daerah dapat lebih mengenal dan memahami pentingnya peran investasi pemerintah kepada Badan Usaha Milik Negara dan lembaga yang proyeknya tersebar di seluruh Indonesia untuk peningkatan perekonomian.

 

Peresmian Pojok SMV dan SMV Icon dihadiri oleh jajaran 17 Kantor Wilayah DJKN dan Direksi dari SMV Kementerian Keuangan. Acara ini merupakan penutup dari rangkaian SMV Week 2022 yang diselenggarakan Direktorat KND sejak tanggal 14 Maret 2022. Sebelumnya, telah dilaksanakan sharing session dan diskusi terkait proses bisnis dari kelima SMV yang akan berkolaborasi dalam pelaksanaan Pojok SMV dan SMV Icon di Kanwil DJKN. (alf)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini