Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Peringati 114 Tahun Lelang Indonesia, DJKN Bersinergi dengan Perbankan Adakan Webinar Kepailitan
Hanna Afina Azmi
Rabu, 16 Maret 2022 pukul 14:30:32   |   160 kali

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara bersinergi dengan perbankan mengadakan webinar dengan tema “Pertautan Kepailitan dengan Lelang” pada Selasa, (15/03) dalam rangka memeringati 114 Tahun Lelang.

Kepala Subdirektorat Bina Lelang III, Diki Zenal Abidin memandu jalannya webinar dengan menghadirkan narasumber yang sangat berkompeten di bidangnya, yaitu James Purba (Ketua Dewan Penasehat Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia) yang memaparkan materi tentang “Lelang Eksekusi sebagai Bagian dari Pemberesan Harta Pailit atas Objek Jaminan Kebendaan”, serta Teddy Anggoro (Dosen Universitas Indonesia) dengan paparannya mengenai “Antinomi dan Pertautan Rezim Kepailitan dan PKPU dengan Rezim Jaminan Kebendaan terkait Pelaksanaan Hak-Hak Kreditor Separatis”.

“Karakteristik dasar jaminan adalah sifatnya didahulukan dan mudah eksekusinya. Maksudnya adalah dalam hal debitur pailit, dapat dieksekusi seolah-olah tidak terjadi kepailitan, dan jika objek jaminan dijual oleh kurator, maka hasil penjualan dikhususkan untuk membayar utang kreditur separatis. Sedangkan pengertian dari mudah eksekusinya adalah eksekusi dapat dilaksanakan dengan cara pelaksanaan titel eksekutorial, penjualan melalui lelang dan bursa atau penjualan melalui perantara pengadilan.

James Purba dalam pemaparan materinya mengatakan bahwa dalam hal debitur cidera janji atau tidak membayar kewajibannya, maka jalan terakhir yang dapat ditempuh adalah mengeksekusi obyek jaminan. Adapun dalam teknis penyelesaian kredit macet yang dilakukan oleh pihak perbankan untuk menangani kredit-kredit bermasalah dapat menggunakan beberapa alternatif diantaranya lelang eksekusi harta pailit atau lelang eksekusi pasal 6 Undang-Undang Hak Tanggungan (UUHT).

Webinar yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para Pejabat Fungsional Pelelang dan pengguna jasa lelang terkait kepailitan guna mendukung layanan lelang tersebut dilaksanakan secara hybrid dan ditayangkan juga melalui channel Youtube DJKN. Beberapa jajaran DJKN dan perbankan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan turut hadir secara fisik di The Stone Hotel Kuta, Bali, tempat webinar tersebut diselenggarakan dan merupakan webinar terakhir dari 4 (empat) kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh DJKN sebagai rangkaian kegiatan peringatan 114 Tahun Lelang Indonesia. (Tim Humas Lelang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini