Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Selenggarakan SMV Week 2022, Direktorat KND Bertekad Harmoniskan Sinergi DJKN dan SMV
Alief Ibnu Nuzul
Senin, 14 Maret 2022 pukul 21:54:59   |   180 kali

Direktorat Kekayaan Negara Dipisahkan (KND) menyelenggarakan kegiatan SMV Week 2022 untuk memperkenalkan tugas dan proses bisnis dari Special Mission Vehicle (SMV) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/Lembaga di bawah pembinaan Kementerian Keuangan kepada jajaran Direktorat Jenderal Kekayaan Negara yang ada di daerah. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring dan berlangsung mulai tanggal 14 hingga 23 Maret 2022.

 

Dalam sambutannya pada pembukaan rangkaian SMV Week 2022, senin (14/3), Direktur KND Meirijal Nur mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan DJKN, sebagai perpanjangan tangan Kementerian Keuangan selaku pemegang saham perseroan, untuk mengharmoniskan sinergi antara Kantor Wilayah (Kanwil) DJKN dengan SMV Kementerian Keuangan. “Peningkatan kolaborasi yang lebih masif antara Kantor-Kantor Wilayah DJKN dan SMV tentu sangat bisa dilakukan untuk optimalisasi sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap pelaksanaan tugas DJKN dan SMV,” tambahnya.

 

Lebih lanjut Meirijal menjelaskan bahwa kolaborasi di tingkat regional tersebut semakin dibutuhkan saat ini. Hal ini seiring dengan meningkatnya concern Menteri Keuangan untuk lebih menajamkan dan menghadirkan peran Kementerian Keuangan di daerah, terutama dalam kaitannya dengan pelaksanaan APBN dan analisis ekonomi dan fiskal daerah, melalui inisiatif program Regional Chief Economist.

 

Mengusung tema “Harmony to Strengthen the Economy”, gelaran SMV Week 2022 diawali dengan sharing session atas proses bisnis dari 5 SMV di bawah pembinaan DJKN, yaitu Lembaga Penjaminan Ekspor Indonesia, PT Geodipa Energi (Persero), PT Sarana Multigriya Finansial (Persero), PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero). Di akhir rangkaian kegiatan, DJKN akan melaksanakan peresmian Pojok SMV di 17 Kanwil DJKN di seluruh Indonesia. Nantinya, Pojok SMV akan berfungsi sebagai representasi eksistensi SMV di daerah untuk menjembatani komunikasi antara SMV dengan para stakeholder.

 

Pojok SMV juga akan dilengkapi dengan SMV Icon, yaitu pegawai yang bertugas menjadi spokesperson atau agen untuk memperkenalkan proses bisnis masing-masing SMV di wilayah kerjanya. SMV Icon juga sekaligus akan berperan sebagai tim leader dalam merumuskan kajian konsep sinergi antara DJKN dan SMV untuk penguatan tugas dan fungsi Kementerian Keuangan di daerah. (alf)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini