Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Hadiri Program “Susupo”, KPKNL Palu Ajak Masyarakat Sulawesi Tengah Ikuti Lelang UMKM
Angger Dewantara
Senin, 21 Februari 2022 pukul 09:43:57   |   272 kali

Palu - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palu hadir pada salah satu program acara siaran “Susupo” atau “Suara-Suara Positif” yang meupakan program Stasiun TVRI Sulawesi Tengah. Acara yang ditayangkan oleh TVRI Sulawesi Tengah pada Selasa, 22 Februari 2022 pukul 16.00 WITA tersebut mengangkat tema " Ayo Ikut Lelang! Lelang Mudah, Aman, dan Terpercaya".


Kepala KPKNL Palu Krisdianto dan Pejabat Fungsional Pelelang Muda Yosival Verdianto tampil sebagai narasumber pada kesempatan tersebut. Susupo yang berarti mengobrol, 'ngerumpi', merupakan program siaran dengan format talkshow yang dikemas secara ringan dan santai layaknya obrolan warung kopi, dengan membawa isu-isu menarik dan menghadirkan narasumber yang kompeten untuk memberikan insight bagi masyarakat luas.


Pada obrolan tersebut, Kepala KPKNL Palu menyampaikan berbagai serba-serbi lelang seperti jenis-jenis lelang, perkenalan laman lelang.go.id, serta tata cara mengikuti lelang sebagai penjual maupun pembeli.


“Tahun 2022 ini Lelang Indonesia telah mencapai usia 114 tahun, bersamaan hal tersebut juga disampaikan program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional-red) dengan diselenggarakannya lelang produk UMKM melalui kegiatan Gebyar Lelang UMKM yang akan diselenggarakan pada 24 Maret nanti," Krisdianto. Ia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memenfaatkan platform laman lelang.go.id untuk transaksi khususnya bagi para pelaku UMKM.


Senada dengan Krisdianto, Yosifal mengatakan tidak hanya sebatas gebyar lelang, KPKNL Palu juga memiliki program untuk melakukan penjualan produk UMKM di Sulawesi Tengah sepanjang tahun 2022. “Untuk itu, kami bekerja sama juga dengan dinas, dan instansi yang melakukan supervisi industri UMKM di Sulawesi Tengah. Kami berkeinginan laman lelang.go.id ini dapat semakin luas manfaatnya dapat dirasakan hingga ke pelaku UMKM," tambah Yosifal.


Pembicaraan juga berlanjut membahas maraknya kasus penipuan lelang dengan mengatasnamakan unit tertentu dari Kementerian Keuangan. Selain menyampaikan agar berhati-hati terhadap modus operandi kejahatan ini, Krisdianto juga menyampaikan beberapa hal yang dapat menjadi indikasi bahwa hal tersebut merupakan tidak penipuan.


"Yang pertama, penipu kerap menawarkan lelang serta meminta untuk mengirimkan sejumlah uang ke rekening pribadi, seringkali penipu melaksanakan lelang dengan embel embel 'lelang internal'.  Kami tidak pernah menggunakan rekening pribadi untuk melakukan transaksi. Untuk hal tersebut, dapat langsung menghubungi nomor layanan KPKNL Palu pada 0811-4560-4630. Kedua adalah mengecek langsung katalog lelang yang diselenggarakan KPKNL dapat diakses melalui laman lelang.go.id," jelas Krisdianto.


Pada akhir acara, Krisdianto juga menegaskan bahwa KPKNL Palu melaksanakan seluruh pelayanan dengan memegang motto KAILI 'Kami Ikhlas Melayani' dan selalu melakukan pelayanan dengan profesionalitas dan mengedepankan sikap anti korupsi, kolusi, dan nepotisme. Program siaran Susupo juga dapat disaksikan melalui kanal youtube TVRI Sulawesi Tengah pada playlist Susupo. (Penulis : Tim Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Palu)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini