Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Lelang Mobil Legendaris Toyota Trueno AE86 Tembus Rp1 Miliar
Siska Nadia
Kamis, 03 Februari 2022 pukul 13:57:08   |   90483 kali

Pontianak – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak berhasil  melelang mobil Toyota Limited Edition Trueno AE86 yang merupakan salah satu mobil legendaris di ajang drifting internasional yang terjual Rp1,036 miliar dengan mekanisme e-auction open bidding melalui lelang.go.id pada Kamis (03/02).


Popularitas Toyota Trueno AE86 terus meningkat ketika mobil ini digunakan oleh Keiichi Tsuchiya, sang Drift King. Mobil ini juga merupakan mobil yang iconic sejak muncul di manga Initial D pada Tahun 1995-2013.


Mobil ini merupakan hasil tegahan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Nanga Badau atas pelanggaran Pasal 102(B) Undang-undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan. Mobil tersebut diketahui telah dicoba diselundupkan ke Indonesia melalui perbatasan Negara dengan Malaysia di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau di Kalimantan Barat.


Animo masyarakat terhadap mobil yang satu ini sangat tinggi, terbukti dari banyaknya penawaran masuk saat pelaksanaan lelang yang berlangsung selama satu jam dimulai dari Pukul 09.30 - 10.30 WIB. Dalam durasi tersebut, masuk sebanyak 63 penawaran hingga akhirnya mencapai penawaran tertinggi. Penawaran yang diberikan kepada mobil dambaan para pecinta otomotif ini sangat tinggi. Penawaran terus melonjak dari harga limit Rp96,9 juta hingga mencapai Rp1,036M atau naik sebesar 1.072%.


“Lelang hari ini sangat menggembirakan. Selain berhasil mencapai harga yang fantastis, juga senang sekali melihat antusias dan usaha para peserta lelang dalam menaikan harga setinggi-tingginya untuk mendapatkan mobil yang memang tidak dijual di Indonesia ini,” ucap Pejabat Lelang KPKNL Pontianak Juana. Sesuai ketentuan, diberikan jangka waktu selama lima hari kerja bagi pemenang untuk melakukan pelunasan, Selanjutnya, hasil dari lelang tersebut akan disetor ke kas negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).


Kepala KPKNL Pontianak Mokhamad Arif Setyawantika mengajak masyarakat memanfaatkan lelang sebagai sarana transaksi jual beli yang terpercaya. Selain hasilnya yang merupakan wujud nyata berperan serta aktif mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional, beberapa keunggulan lainnya, Lelang itu sederhana, mudah, transparan dan membahagiakan. “Dapatkan informasi yang valid terkait lelang hanya di lelang.go.id,” pungkasnya.

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini