Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Tingkatkan Peran Asset Manager, Kanwil DJKN Aceh Launching Pojok SMV di Aceh
Anton Wibisono
Jum'at, 28 Januari 2022 pukul 16:55:27   |   197 kali

Banda Aceh – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Aceh melaunching Pojok Special Mission Vehicle (SMV) pada Jumat, (28/1) di Gedung C, Gedung Keuangan Negara Lantai 2, Jalan Tgk. Chik Ditiro, Banda Aceh. Acara ini digelar secara hybrid, sebagian undangan hadir langsung dengan menerapkan protokol kesehatan, sebagian lagi hadir secara virtual melalui zoom meetings. Launching Pojok

SMV juga disiarkan secara langsung melalui kanal youtube Kanwil DJKN Aceh.


Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban mengatakan bahwa pembentukan Pojok SMV ini dapat mengoptimalkan peran Kanwil DJKN untuk daerah melalui kegiatan edukasi, koordinasi dan implementasi program kerja yang dapat mendukung percepatan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat setempat.


Pojok SMV di Kanwil DJKN Aceh ini, lanjutnya, dapat berperan sebagai penghubung antara unit kerja DJKN pusat dan SMV Kemenkeu dengan para pemangku kepentingan di Aceh. “Dengan adanya Pojok SMV, maka peran kantor vertikal DJKN sebagai asset manager akan menjadi lebih maksimal. Kanwil DJPb sebagai Regional Chief Economist dan Kanwil DJKN sebagai asset manager serta perpanjangan tangan SMV Kemenkeu, sinerginya saya yakin akan lebih optimal,” ungkapnya.


“Saya melihat bahwa inisiasi pembentukan Pojok SMV ini sangat baik dan dapat direplikasi oleh Kanwil DJKN di tempat lain, khususnya yang di wilayahnya belum ada kantor perwakilan SMV. Dengan kolaborasi ini, SMV tidak perlu membuka perwakilan di semua propinsi karena telah ada Pojok SMV di Kanwil DJKN,” pungkas Rionald.


Acara yang digelar di ruang kerja open space dengan kesederhanaan yang dimiliki Kanwil DJKN Aceh namun terkesan meriah ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan (KND), Para Kepala Kanwil DJKN, Para Kepala Kanwil Kementerian Keuangan Provinsi Aceh, Kepala KPKNL Banda Aceh, Kepala KPKNL Lhokseumawe, perwakilan dari Bank Indonesia, BPK, BPKP, Kanwil Kemenkumham Provinsi Aceh, Asisten III Administrasi Umum Sekda Provinsi Aceh, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Tengah, Kepala Dinas Perindag Pemkab. Pidie Jaya, dan para Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII),  PT Geo Dipa Energi, PT Sarana Multi Innfrastruktur (SMI), PT Sarana Multigriya Financial (SMF), Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), dan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

 

Sebelumnya, Kepala Kanwil DJKN Aceh Syukriah HG menyampaikan bahwa Kanwil DJKN selama ini telah memiliki hubungan yang intens dengan pemangku kepentingan di daerah seperti Pemerintah Daerah, instansi vertikal, maupun masyarakat. SMV Kemenkeu tidak atau belum memiliki perwakilan di semua daerah, misalnya di Provinsi Aceh. Hal ini yang mendorong, Kanwil DJKN Aceh untuk mencoba meningkatkan kontribusi Kanwil DJKN kepada masyarakat, yaitu dengan menjadi penghubung antara SMV Kemenkeu dengan stakeholder di daerah.

“Inisiatif pembukaan Pojok SMV ini telah kami komunikasikan dengan Direktur KND, Tenaga Pengkaji RPEKND (Restrukturisasi Privatisasi dan Efektivitas Kekayaan Negara Dipisahkan-red), maupun beberapa Direksi BUMN dibawah pembinaan Menteri Keuangan, dan kami memperoleh sambutan yang hangat serta dukungan yang kuat, sehingga kami memberanikan diri untuk melanjutkan langkah membentuk Pojok SMV di Kanwil DJKN Aceh,” kata Syukriah. (narasi/foto: tim kreatif dan publikasi Kanwil DJKN Aceh)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini