Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kanwil DJKN Jatim Sinergi bersama Kemenparekraf Dorong UMKM Tumbuh dan Tangguh
Muhammad Rudi Hidayat
Selasa, 25 Januari 2022 pukul 19:41:28   |   155 kali

Surabaya – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Jawa Timur selalu bersemangat untuk memperkenalkan produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo yang ke-163, Kanwil DJKN Jawa Timur bekerja sama dengan Kabupaten Sidoarjo menyelenggarakan Ekstravaganza Lelang Produk UMKM Kabupaten sidoarjo dengan tema “UMKM Sidoarjo Tanggung dan Tumbuh melalui lelang”.


Sebagai langkah publikasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan ekstravaganza lelang UMKM Tahun 2022,  Kanwil DJKN Jatim mempublikasikan Ekstravaganza Lelang Produk UMKM Kabupaten Sidoarjo melalui acara dialog public Sudut Pandang di Televisi Republik Indonesia jawa Timur (TVRI Jawa Timur) yang terletak di Jl. Mayjen Sungkono No. 124 Surabaya pada Selasa, (25/1).


Hadir sebagai narasumber yakni Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Jatim Ahid Iwanudin, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Yuana Rochma Astuti, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo Muhammad Edi Kurniadi, serta Koordinator UMKM Kabupaten Sidoarjo Dwi Wayu Indrawati. Dialog publik ini dipandu oleh host Ario Wibowo.


Kepala Bidang Lelang yang akrab disapa Ahid memaparkan bahwa tujuan diselenggarakan Ekstravaganza Lelang UMKM di Kabupaten Sidoarjo merupakan upaya mendorong UMKM agar tetap berdaya akibat dampak Pandemi Covid-19, yang kita ketahui bersama dalam kondisi sekarang UMKM mengalami kesulitan dalam memasarkan dan menjual produk-produknya. “Diharapkan dengan adanya lelang.go.id dapat menjadi wadah penjualan yang baru bagi UMKM,” ungkapnya.


Ahid juga mengajak masyarakat untuk mengikuti Pekan Extravaganza Lelang UMKM Kab. Sidoarjo Tahun 2022 pada 26 Januari di Aula Dispora Kab. Sidoarjo dan dapat juga melalui zoom meetings dan channel Youtube Kanwil DJKN Jatim.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo Muhammad Edi Kurniadi mengatakan Sidoarjo merupakan Kabupaten yang memunyai UMKM yang sangat banyak, ada 207.000 UMKM di Kabupaten Sidoarjo dan ada 176.000 merupakan pelaku usaha mikro. “Merupakan jumlah yang cukup signifikan untuk mendorong laju perekonomian regional,” ungkapnya.

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo menyampaikan terimakasih kepada DJKN karena telah memfasilitasi terlaksananya kegiatan Ekstravaganza Lelang UMKM Tahun 2022.


Koordinator UMKM di Kab. Sidoarjo Dwi Wahyu Indrawati menyampaikan bahwa Ekstravaganza Lelang UMKM merupakan kegiatan yang kreatif dan inovatif dalam memperkenalkan prduk-produk UMKM hasil dari masyarakat yang ada di Sidoarjo. “Lelang UMKM merupakan tantangan sekaligus peluang dalam meningkatkan Pemasaran dan Penjualan UMKM yang ada di Sidoarjo,” ujarnya.


Tak kalah menarik, Kemenparekraf juga berniat memberikan pembinaan dan stimulus kepada para pelaku UMKM. Stimulus ini diharapkan para pelaku UMKM dapat tumbuh kembali bahkan lebih tangguh dari sebelumnya. Lanjutnya Yuana sangat berharap sinergi antara Kemenparekraf bersama DJKN dapat lebih dikembangkan lagi untuk pemberdayaan UMKM.


Sebagai penutup acara dialog Kepala Bidang Lelang, Ahid Iwanudin juga menjelaskan kegiatan yang akan diadakan dalam rangka memeriahkan HUT Kab. Sidoarjo ke-163 dengan mengadakan kegiatan Ekstravaganza lelang UMKM Tahun 2022. (dah)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini