Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kakanwil DJKN Jayapura: Leadership yang Baik Sebagai Faktor Keberhasilan Kinerja Organisasi
N/a
Kamis, 07 Maret 2013 pukul 13:20:58   |   675 kali

Jayapura – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) XVII Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jayapura Marhokkom Sitompul memberikan pengarahan dan bimbingan teknis kepada seluruh pejabat/pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jayapura. Pelaksanaan morning call bertempat di ruang rapat, dimulai dengan pembukaan oleh Kepala KPKNL Jayapura Yohanes Herry Prihatin. Dalam sambutannya, pria yang sebelumnya menjabat Kepala Bidang di Kanwil XVII itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kakanwil dan berharap agar para pejabat/pegawai KPKNL Jayapura dapat menimba ilmu dan pengalaman berharga guna meningkatkan kinerja untuk kemajuan organisasi Kementerian Keuangan, khususnya DJKN. Selepas sambutan dari Kepala KPKNL, acara dilanjutkan dengan pengarahan oleh Marhokkom Sitompul. Dalam pengarahannya, Marhokkom yang didampingi oleh Kepala Bagian Umum menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pejabat dan pegawai KPKNL Jayapura atas capaian Nilai Kinerja Organisasi (NKO) KPKNL Jayapura tahun 2012 yang mencapai 110,49%. Ia menyampaikan capaian NKO KPKNL Jayapura memberikan sumbangsih yang cukup besar bagi tercapainya NKO Kanwil Jayapura.

Dalam kesempatan tersebut, Marhokkom juga menyampaikan faktor-faktor yang menunjang keberhasilan tercapainya kinerja pegawai dan organisasi, Pertama adalah leadership. Sikap kepemimpinan yang baik akan diikuti dan dicontoh oleh bawahan. Pemimpin yang baik  juga bisa menjadi motivasi bagi pegawai untuk melaksanakan tugasnya dengan baik. Kedua adalah kerja sama lintas sektoral yang baik antar pegawai dan antar seksi. Walaupun dengan keterbatasan SDM, jika terjalin kerja sama dan sinergi antar seksi maka segala permasalahan dalam mencapai target akan terpecahkan sehingga target organisasi secara keseluruhan dapat tercapai. Ketiga adalah perilaku yang berpedoman pada Nila-Nilai Kementerian Keuangan, setiap pejabat/pegawai dalam menjalankan tugas hendaknya berpedoman pada Nila-Nilai Kementerian Keuangan yang telah menjadi ruh bagi Kementerian Keuangan, diantaranya Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan dan Kesempurnaan yang diimplementasikan dalam 10 nilai dan perilaku utama Kementerian Keuangan. Terakhir ia menyampaikan agar Nila-Nilai Kementerian Keuangan dapat dijadikan sebagai transformasi perubahan perilaku pegawai/pejabat sehingga nantinya akan menjadi perilaku utama dalam berorganisasi.

Terkait target kinerja tahun 2013 Kakanwil mengingatkan bahwa target tahun 2013 telah ditetapkan lebih besar dari tahun sebelumnya, sehingga diperlukan langkah-langkah terobosan, perencanaan yang baik, sosialisasi dan penggalian potensi agar ditingkatkan untuk mencapai target yang ditetapkan, beliau juga mengharapkan di tahun 2013 KPKNL Jayapura khususnya dan Kanwil XVII DJKN Jayapura dapat naik kelas dengan meningkatkan capaian kinerja pegawai dan organisasi agar lebih baik dari tahun sebelumnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, para pejabat/pegawai KPKNL Jayapura dihimbau untuk selalu meningkatkan kompetensi dan kualitas diri dengan selalu melakukan continuous learning dan  menunjukkan kinerja yang baik, pimpinan akan melihat hasil kerja dan akan mempertimbangkan reward kepada pegawai yang memiliki kinerja baik.

  Dalam sesi tanya jawab, para pejabat/pegawai KPKNL Jayapura diberikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan seputar permasalahan dan kendala berkaitan dengan pekerjaan yang dihadapi. (Agus Susanto/Kamsidah seksi HI KPKNL Jayapura)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini