Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kunjungi PT PAL, Wamenkeu Harapkan PT PAL Lebih Berkembang Dikancah Internasional
Deni Atif Hidayat
Jum'at, 21 Januari 2022 pukul 15:43:30   |   298 kali

Surabaya - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara didampingi oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara Ronald Silaban, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (KLI) Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari, Sekretaris Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Dedy Syarif Usman dan Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur Tugas Agus Priyo Waluyo melakukan kunjungan kerja PT Penataran Angkatan Laut (PT PAL) yang beralamat di Jalan Ujung, Ujung, Kec. Semampir, Kota Surabaya, Jawa Timur pada Jumat, (21/1).


Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyampaikan bahwa harus ada persamaan persepsi antara BUMN dengan Pemerintah dalam hal pengelolaan keuangan. “Saya harapkan PT PAL dengan mendapatkan PMN (penyertaan modal negara-red) sebanyak Rp1,28 triliun dapat lebih meningkatkan kinerja keuangannya dan dapat lebih berkembang dikancah internasional sehingga tidak menjadi jago kandang saja,” ujarnya. Ia juga berharap dengan adanya holding BUMN Industri Pertahanan membuat PT PAL Indonesia dapat menjadi lebih fleksibel, lebih cepat dan lebih inovatif.


Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Kekayan Negara Ronald Silaban menyampaikan bahwa PMN yang yang diberikan kepada PT PAL Indonesia sudah dianalisa oleh DJKN, semoga dapat dipergunakan sebagai mana mestinya dan dapat menjadikan PT PAL Indonesia lebih berkembang


DJKN, lanjutnya, memiliki peran signifikan dalam PMN. “Usulan PMN yang diajukan oleh BUMN nanti dianalisa oleh Direktorat KND agar tetap sasaran,” ungkapnya. Sedangkan tujuan dari PMN ada dua yaitu memperbaiki struktur modal dan meningkatkan kapasitas usaha BUMN.

Direksi PT PAL Indonesia menyampaikan tentang capaian sampai dengan 2021. Kapal yang saat ini sedang dibuat/dalam proses pemeliharaan, dan rencana pelaksanaan pembuatan/ pekerjaan pemeliharaan ke depannya. Direksi PT PAL indonesia juga menyampaikan tentang target dan realisasi dari dana Rp1,28 Triliun yang diterima dari PMN pada tahun 2021.

Sebagai informasi, PT PAL Indonesia (Persero) merupakan perusahaan galangan kapal terbesar di Indonesia. Cikal bakal PT PAL Indonesia (Persero) dimulai sejak berdirinya Marine Establishment (ME) yang diresmikan oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1939. Setelah kemerdekaan, Pemerintah Indonesia menasionalisasi perusahaan ini dan mengubah namanya menjadi Penataran Angkatan Laut (PAL). Kemudian pada tanggal 15 April 1980, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1980, status perusahaan berubah dari Perusahaan Umum menjadi Perseroan Terbatas.  (Humas Kanwil DJKN Jatim).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini