Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kanwil DJKN Jatim Suarakan Lelang UMKM Sidoarjo melalui “Udara”
Muhammad Rudi Hidayat
Jum'at, 21 Januari 2022 pukul 11:05:27   |   327 kali

Surabaya -  Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Jawa Timur tidak mengenal lelah dalam memperkenalkan kepada masyarakat tentang lelang produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo, Kanwil Direktorat Jenderal kekayaan Negara (DJKN) menyelenggarakan Extravaganza Lelang Produk UMKM Kabupaten Sidoarjo yang dipublikasikan melalui Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Surabaya pada Jumat, (21/1).


Hadir sebagai narasumber yakni Kepala Seksi Bimbingan Lelang II Kanwil DJKN Jatim Ary Mey Rambudi Pelelang Ahli Pertama KPKNL Sidoarjo Arik Istoto serta koordinator UMKM Kabupaten Sidoarjo Drg. Dwi Wahyu Indrawati M.Kes. Sp. Perio dengan memberikan pencerahan kepada masyarakat Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya tentang apa keuntungan penjualan produk UMKM melalui lelang. Dialog publik ini dipandu oleh host Aska Ariska.


Ary Mey Rambudi menyampaikan bahwa tujuan dari diselenggarakannya Extravaganza Lelang UMKM Kabupaten Sidoarjo adalah sebagai upaya Kanwil DJKN Jatim mendukung UMKM berdaya di masa Pandemi Covid-19, agar UMKM tetap bertahan di masa Pandemi Covid-19, banyak UMKM yang kesulitan dalam penjualan produknya.


“Melalui Pekan Extravaganza Lelang UMKM Kabupaten Sidoarjo Tahun 2022 ini, kami mengajak para pengusaha UMKM untuk memasarkan produknya melalui Lelang,” ungkapnya.


Selain itu, juga untuk menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke-163 Tahun 2022. “Kegiatan ini merupakan sinergi Kementerian Keuangan RI c.q. DJKN dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif c.q. Direktorat Pemasaran Produk Kreatif,” ungkap Ary ketika menjawab pertanyaan dari Aska.


Aska juga bertanya kepada Arik Istoto mengenai bagaimana caranya supaya masyarakat umum mengikuti Pekan Extravaganza Lelang UMKM Kab. Sidoarjo Tahun 2022. Arik menjelaskan secara gamblang bahwa masyarakat umum dapat berpartisipasi sebagai pembeli pada Pekan Extravaganza Lelang UMKM Kab. Sidoarjo Tahun 2022 ini dengan cara memiliki akun lelang.go.id. Sedangkan syarat memiliki akun lelang adalah dengan mendaftar pada portal lelang.go.id dengan dilampiri KTP, NPWP dan nomor rekening dari pemilik akun. “Setelah memiliki akun pada portal lelang.go.id, kita dapat menawar barang yang dijual pada Pekan Extravaganza Lelang UMKM Kab. Sidoarjo Tahun 2022,” ujarnya.


Masyarakat juga dapat mengikuti Pekan Extravaganza Lelang UMKM Kab. Sidoarjo Tahun 2022 ini menggunakan zoom meetings dan channel Youtube Kanwil DJKN Jatim pada tanggal 20 Januari (business matching/aanwijzing produk UMKM), 24 Januari (Lelang di KPKNL Sidoarjo menggunakan portal lelang.go.id) dan 26 Januari (kehadiran peserta di Aula Dispora Kab. Sidoarjo).

 

Tak kalah menarik, Drg. Dwi Wahyu Indrawati M.Kes. Sp. Perio sebagai koordinator Pelaku UMKM Sidoarjo turut menjelaskan keunggulan produk-produk UMKM di Kabupaten Sidoarjo yang berkualitas ekspor. Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada DJKN yang telah memberikan alternatif atau metode lain dalam pemasaran produk UMKM dalam hal ini melalui lelang online dan konvensional. Ia berharap pembinaan pemasaran produk UMKM ini dapat dilakukan secara kontinyu.

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini