Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Gandeng Direktorat KND dan TP RPEKND, Kanwil DJKN Aceh Sinergikan Rencana Launching Pojok SMV
Anton Wibisono
Senin, 17 Januari 2022 pukul 15:14:40   |   452 kali

Banda Aceh – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Aceh melakukan koordinasi rencana launching Pojok SMV dengan enam Spesial Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan yang berada dibawah koordinasi DJKN pada Senin, (17/1). Acara ini dihadiri oleh Tenaga Pengkaji Restrukturisasi, Privatisasi, dan Efektivitas Kekayaan Negara Dipisahkan (TP RPEKND), perwakilan Direktorat KND, serta perwakilan dari enam SMV Kementerian Keuangan yang berada di bawah koordinasi DJKN.


Sebagaimana diketahui bahwa Kementerian Keuangan memiliki delapan SMV yang terdiri dari satu lembaga sue generis yaitu Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), empat Perseroan Terbatas yaitu PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI), PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII), PT. Sarana Multigriya Finansial (SMF), PT. Geodipa, dan tiga Badan Layanan Umum (BLU) yaitu Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), Pusat Investasi Pemerintah (PIP), dan Lembaga Pembiayaan Dana Pendidikan (LPDP).

Keenam SMV tersebut berada di bawah koordinasi DJKN baik selaku Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) maupun Pembina, kecuali BLU PIP yantg pembinaannya berada di bawah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) dan BLU LPDP yang pembinaannya berada di bawah Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan.


SMV yang berada di bawah koordinasi DJKN (LPEI, PT. SMI, PT. PII, PT. SMF, PT. Geodipa, dan BLU LMAN) tidak memiliki kantor perwakilan di Provinsi Aceh, di sisi lain Kanwil DJKN Aceh telah memiliki jangkauan maupun koordinasi yang intensif dengan Pemerintah Daerah, instansi vertikal, maupun masyarakat di Propinsi Aceh. Hal inilah yang akan dicoba untuk disinergikan dengan inisiatif Kanwil DJKN Aceh melalui Pojok SMV yang rencananya akan di-launching dalam waktu dekat.


Inisiatif pembentukan Pojok SMV di Kanwil DJKN yang juga menindaklanjuti kesepakatan dalam Rakernas DJKN ini disambut baik dan didukung oleh seluruh pihak yang hadir. “Kami berharap Pojok SMV ini nantinya dapat direplikasi di Kanwil DJKN tempat lain sesuai dengan karekteristik masing-masing daerah,” kata Tenaga Pengkaji RPEKND DJKN Dodok Dwi Handoko.


Selain itu, Dirut PT PII Muhammad Wahid Sutopo mengatakan PT PII yang sebelumnya telah berkolaborasi membentuk Pojok KPBU menyatakan cukup terbantu dengan adanya Pojok KPBU, dan berharap Pojok SMV dapat lebih memberikan kontribusi pagi perkembangan perekonomian di daerah khususnya Propinsi Aceh.

(Narasi/Foto: Tim Kreatif & Publikasi Kanwil DJKN Aceh)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini