Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kanwil DJKN Aceh Kembali Raih Penghargaan Dalam Keterbukaan Informasi Publik 2021
Anton Wibisono
Rabu, 15 Desember 2021 pukul 15:26:16   |   322 kali

Banda Aceh – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Aceh mendapatkan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021 Kategori Instansi Vertikal Kualifikasi Informatif dari Komisi Informasi Aceh (KIA) yang diumumkan saat acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik 2021 pada Jumat, (3/12) secara daring. Capaian ini merupakan prestasi yang meningkat dibandingkan dengan tahun 2019, dimana Kanwil DJKN Aceh hanya meraih kualifikasi menuju informatif.


Acara ini dihadiri oleh Gubernur Aceh, Komisioner Komisi Informasi Aceh, dan Badan Publik di Provinsi Aceh. Dalam laporannya, Ketua KIA Arman Fauzi menyampaikan bahwa terakhir kali mengadakan evaluasi badan publik pada tahun 2019, tahun 2020 KIA tidak dapat melaksanakan evaluasi karena adanya wabah pandemi yang membatasi ruang gerak sosial masyarakat.


“Tahun ini, KIA mengundang 134 badan publik dengan tujuh kategori yaitu SKPA, pemerintah kabupaten/kota, instansi vertikal, lembaga nonstruktural, perguruan tinggi negeri dan swasta, BUMN/BUMA, serta partai politik,” ungkapnya.

Arman menyampaikan adanya peningkatan pada badan publik yang meraih kualifikasi informatif. “Pada tahun 2019, kualifikasi informatif hanya diraih oleh satu badan publik, sedangkan tahun ini (2021-red) badan publik yang meraih kualifikasi informatif meningkat menjadi 10 kali lipat,” kata Arman.


Dalam kesempatan ini, Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyampaikan sambutannya. “Transparansi merupakan ruh reformasi birokrasi. Jika semangat transparansi ini berkembang semakin massif, saya yakin sistem pelayanan publik di Aceh akan lebih bersih, sehingga kepercayaan masyarakat kepada pemerintah terus akan menguat,” kata Nova.


“Saya ucapkan selamat kepada badan publik yang mendapatkan penghargaan ini, bagi yang belum berhasil tentunya hal ini menjadi cambuk untuk berbenah. Mudah-mudahan momentum ini membuat semangat keterbukaan informasi publik kian meluas di Aceh, sehingga sistem pemerintahan yang bersih, adil, dan melayani dapat kita wujudkan hingga ke tingkat desa,” ujarnya. (narasi/foto: anton w)

 

 

 

 

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini