Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Intelijen Berperan Penting dalam Pengelolaan Piutang Negara
Alamsyah
Selasa, 14 Desember 2021 pukul 13:49:17   |   688 kali

Bandung – Dalam Rangkaian Gebyar Piutang Negara 2021, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negra (DJKN) Jawa Barat berkolaborasi dengan Balai Diklat Keuangan Cimahi dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandung, mengadakan Kemenkeu Corpu Open Class dengan menggelar Gelar Wicara (Talk Show) bertajuk: “Peran Intelijen dalam Pengelolaan Piutang Negara” yang diselenggarakan secara daring pada Selasa (14/12) dengan menghadirkan nara sumber Kabag Pusdik Diklat Intelijen Polri AKBP Setia Budi. S.IK.


Kepala BDK Cimahi Ririn Mardiyani dalam sambutan pembukaannya berharap kegiatan ini dapat menambah dan mengisi wawasan para insan DJKN dalam mengoptimalkan pengelolaan Piutang Negara  dengan nara sumber AKBP Setia Budi dari Pusdik Diklat Intelejen Polri, yang akan berbagi pengetahuan dan pengalamannya dalam melaksanakan intelejen di Kepolisian.


Kepala Kanwil DJKN Jabar Tavianto Noegroho, dalam sambutannya menyampaikan bahwa DJKN harus mengoptimalkan upaya-upaya lain dalam pengelolaan piutang negara, salah satunya adalah dengan menggunakan intelijen dalam pengelolaan piutang negara. “Penggunaan intelejen dalam pengelolaan piutang negara tentunya akan sangat bermanfaat bagi “Pejuang Piutang Negara” dalam hal pemeriksaan yakni asset dan debitor tracing, dan tidak menutup kemungkinan kegiatan intelijen ini dapat diterapkan juga pada tusi DJKN yang lainnya,” ungkapnya.


Pada kesempatan yang sama, Direktur Piutang Negara dan Kekayaan Lainnya (PNKNL) Lukman Effendi, menyampaikan bahwa dengan diselenggarakannya gelar wicara ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan memberikan semangat dalam pengelolaan piutang negara. “Keberhasilan dalam pencapaian target IKU (Indikator Kinerja Utama-red) piutang negara dan beberapa prestasi yang kita bisa capai selama ini karena kita tidak pernah berhenti menambah pengetahuan untuk meningkatkan penyelenggaraan pengelolaan piutang negara.


Dalam pemaparannya, AKBP Setia Budi menyampaikan bahwa dalam kegiatan intelijen yang penting untuk diperhatikan selain indentitas dan bio data adalah hal-hal khusus (anteseden) yang meliputi: kegiatan sasaran, teman-teman dekat, usaha/aktivitas dan aset-aset sasaran.

Gelar wicara yang dipandu oleh R. Iman Abdulrahman, Jurusita Piutang Negara sekaligus merupakan seorang MC Kondang dari KPKNL Bandung ini  berlangsung sangat menarik. Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 11.30 WIB berjalan dengan baik dan lancar, diskusi berlangsung sangat interaktif, dan hampir 450 orang peserta yang merupakan para warga KaeN  mengikuti acara ini dengan antusias.


Kerjasama yang baik antara  Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat, Balai Diklat Cimahi dan KPKNL Bandung ini kiranya patut mendapat apresiasi, demi terwujudnya Pengelolaan Piutang Negara yang lebih baik. (Foto/Teks: Humas DJKN Jabar)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini