Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Terima Audiensi Pemkot Dumai, DJKN Dukung Pemanfaatan BMN Hulu Migas
Faza Fakhriyan Wildan
Kamis, 09 Desember 2021 pukul 12:56:52   |   511 kali

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menerima audiensi Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai terkait Pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) Hulu Migas di Kota Dumai pada Selasa (30/11) di Kantor Pusat DJKN, Jakarta Pusat. Direktur Piutang Negara dan Kekayaan Negara Lain-lain (PNKNL) Lukman Effendi mengatakan bahwa pemerintah pusat selalu mendukung pemerintah daerah dalam hal optimalisasi aset BMN. “Pada prinsipnya, dalam rangka optimalisasi BMN Hulu Migas pemerintah pusat mendukung pemanfaatan BMN oleh pemerintah daerah sepanjang BMN dimaksud tidak mengganggu atau tidak digunakan dalam kegiatan hulu migas,” terangnya.

Ia mengatakan bahwa dukungan tersebut juga sudah dibuktikan dengan memberikan persetujuan pemanfaatan berupa Pinjam Pakai kepada Pemkot Dumai sebelumnya. Tercatat sudah terdapat 39 BMN Hulu Migas berupa tanah seluas 29,6 Hektare dengan total nilai Rp. 254,51 miliar sudah dipinjam pakaikan kepada Pemkot Dumai. Ia menambahkan bahwa kedepannya tidak dipungkiri pemanfaatan BMN Hulu Migas dapat menggunakan skema lain selain pinjam pakai yang sudah berjalan hingga saat ini. “Akan digali potensi-potensi pemanfaatan dalam bentuk lainnya dalam rangka optimalisasi BMN Hulu Migas dan pengembangan Kota Dumai” jelas Lukman.

Lebih lanjut, Lukman menyampaikan bahwa pelaksanaan sertipikasi BMN Hulu Migas sebagai bentuk tertib hukum penting dilakukan agar aset yang dimanfaatkan jelas status hukumnya. DJKN dan Pemerintah Kota Dumai juga berkomitmen untuk terus melakukan penertiban BMN Hulu Migas di Kota Dumai. 

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Dumai H Paisal mengungkapkan tujuan audiensinya. Ia mengatakan bahwa Pemkot Dumai saat ini membutuhkan sarana prasarana untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, kesehatan, dan penunjang tugas dan fungsi lain Pemkot Dumai. Untuk itu, ia meminta dukungan kepada pemerintah pusat untuk dapat memanfaatkan aset BMN Hulu Migas yang ada di Kota Dumai. “Pemerintah Kota Dumai membutuhkan dukungan Pemerintah Pusat dalam hal ini Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dalam rangka pemanfaatan BMN Hulu Migas di Kota Dumai,” ujarnya.

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini