Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KNEKS, Keluarga Baru Kemenkeu Bertugas Tingkatkan Pembangunan Ekosistem Ekonomi dan Keuangan Syariah
Aryo Arvianto
Selasa, 07 Desember 2021 pukul 16:43:54   |   1056 kali

Ambon – Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS) melakukan Kunjungan Kerja (kunker) ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ambon, Lantai 4 Gedung Keuangan Negara (GKN) Ambon pada Selasa, (7/12).

Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah KNEKS Sutan Emir Hidayat yang didampingi Kepala Divisi Riset Ekonomi Syariah Ginanjar Dewandaru menyampaikan kunker ini selain memiliki agenda untuk melakukan sosialisasi dan perkenalan KNEKS sebagai salah satu lembaga negara yang baru saja tergabung sebagai satuan kerja (satker) Kementerian Keuangan, juga sebagai salah satu wadah atau forum dua arah untuk melakukan diskusi dengan seluruh pihak yang hadir dalam rangka pembangunan infrastruktur Ekonomi berbasis syariah pada wilayah Provinsi Maluku.


“Diperlukan satu sistem yang dirancang dan dibangun mulai dari hulu ke hilir untuk dapat membangun sebuah ekosistem syariah. Hal tersebut tentu saja membutuhkan masukan dan koordinasi langsung dengan Bapak Ibu sekalian,” ucap Emir.


Lembaga ini merupakan perubahan bentuk dari Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) yang memiliki misi salah satunya untuk meningkatkan pembangunan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah serta menjadikan Indonesia sebagai Pusat Halal Dunia.  Lembaga ini juga bertugas untuk mencanangkan titik awal dalam memosisikan Indonesia sebagai salah satu pelaku utama dan hub ekonomi syariah dunia yang diluncurkan seiring dengan Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia pada bulan Mei 2019 lalu.


Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh wakil atau representasi dari unit eselon II dan III  Kementerian Keuangan yang beroperasi di wilayah Kota Ambon dan sekitarnya, yaitu diantaranya, Kepala KPKNL Ambon Iwan Victor leonardo Sitindaon beserta jajarannya,  Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Ambon Widi Pramono beserta jajaran, Plt Kepala Kanwil Bea dan Cukai (Kanwil BC) M. Rhonda Loupatty beserta jajaran, Kepala Subbagian Penilaian Kinerja Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPB) Asna Aim;  dan Kepala Rumah Tangga GKN Ambon Ruru Firza Iskandar.


Kegiatan tersebut ditutup dengan foto bersama dengan pose tunjuk jari yang melambangkan Kemenkeu satu, dimana hal ini sesuai dengan slogan Kemenkeu dalam membangun sinergi yang solid serta sebagai bentuk ungkapan selamat datang terhadap bergabungnya KNEKS dalam keluarga besar Kemenkeu.


“Kami ucapkan selamat bergabung kepada adik kita yang paling bungsu, padahal mungkin memiliki tugas yang lebih berat,” ungkap Plt Kepala Kanwil BC M. Rhonda Loupatty. Selain itu, terdapat pula sesi penandatanganan banner  KPKNL Ambon sebagai bentuk pernyataan dukungan dari seluruh pihak yang hadir terhadap Pembangunan Zona Integritas, Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI, WBK & WBBM) KPKNL Ambon 2022.


Sebagai informasi, KNEKS merupakan lembaga yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia (RI) beserta Wakil, beserta Menteri Keuangan RI sebagai Sekretarisnya. Selain itu lembaga ini juga memiliki anggota dari lintas Kementerian, Lembaga dan Organisasi seperti : Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian PPN/Bappenas dan lain sebagainya. (Aryo Arvianto - Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Ambon)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini