Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Berita DJKN

Edukasi APBN, KPKNL Tasikmalaya, KPPN Tasikmalaya dan UNSIL Selenggarakan DJKN Goes to Campus 2021

Kamis, 18 November 2021 pukul 12:06:14   |   89 kali

Tasikmalaya - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelalng (KPKNL) Tasikmalaya bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tasikmalaya dan Universitas Siliwangi (UNSIL) menyelenggarakan kegiatan DJKN Goes to Campus (GTC) 2021 dengan tema "Peran APBN tahun 2021 dalam Perekonomian Indonesia dan Fungsi DJKN Kementerian Keuangan untuk Indonesia" pada Rabu (17/11).


Kegiatan GTC yang digelar secara daring ini diawali dengan Opening Speech oleh Kepala KPKNL Tasikmalaya Laesintje Wilar. Laesintje menyampaikan bahwa pelaksanaan DJKN GTC ini pada awalnya akan dilakukan di bulan Juli 2021, namun karena pandemi yang sedang meningkat di waktu itu, sehingga baru dapat dilaksanakan pada hari ini (17/11).


Ia mengajak semua pihak secara bersama-sama dan dengan penuh amanah untuk menyukseskan kegiatan ini. Hal tersebut sangatlah penting mengingat GTC ini terkait tugas dan fungsi Kementerian Keuangan. Dengan pelaksanaan GTC tersebut diharapkan akan dapat terwujud "Kementerian Keuangan, Kementerian Tepercaya".  Menutup sambutannya, Laesintje membacakan sebuah pantun. "Jalan-jalan ke Kota Tasikmalaya, jangan lupa beli bordir, senang rasanya bila kita bahagia, mari kita saling mendengar," ucapnya.


Selanjutnya, Rektor Universitas Siliwangi Prof. Dr. Rudi Priadi, Ir. MS. Rektor menyambut baik dan mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Kepala KPKNL Tasikmalaya yang telah menginisiasi penyelenggaraan Webinar ini bekerjasama dengan UNSIL dalam acara DJKN Goes to Campus. Rektor UNSIL menyampaikan bahwa sebagai perguruan tinggi negeri, dalam memberikan layanan kepada masyarakat khususnya mahasiswa, saat ini UNSIL sudah menggunakan fasilitas/aset yang merupakan bagian dari kekayaan negara. Dalam pengelolaan Aset yang ada pada UNSIL, serta edukasi terkait penatausahaan dan pengelolaan aset untuk para pegawai UNSIL tidak terlepas dari pendampingan KPKNL Tasikmalaya, sehingga UNSIL mendapatkan penghargaan BMN Award tahun 2021.


Ia juga sangat mengapresiasi kegiatan GTC yang berisi pengetahuan tentang keuangan negara ini. "Sangat penting untuk diikuti oleh semua pihak khususnya para mahasiswa, generasi muda penerus estafet pemerintahan RI," ujarnya.

Kegiatan ini merupakan bentuk pendidikan dan pengembangan kompetensi yang diberikan kepada Civitas Akademika oleh Kementerian Keuangan khususnya DJKN/KPKNL Tasikmalaya, sesuai dengan amanat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi terkait dengan Kampus Merdeka.


Keynote speech selanjutnya, Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat Tavianto Noegroho. Pada kesempatan tersebut beberapa hal yang Kakanwil sampaikan di antaranya bahwa APBN merupakan wujud dari pengelolaan kekayaan negara yang dilaksanakan secara terbuka dan bertanggungjawab untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Menurut Tavianto, pembicaraan terkait BMN ini kurang populer dibandingkan dengan Pajak, Bea dan Cukai atau malah utang. Namun faktanya BMN merupakan suatu aspek penting yang diperoleh melalui keuangan negara. "Jika inputnya berasal dari penerimaan pajak, Bea dan Cukai serta utang tersebut tadi, maka outputnya adalah BMN yang saat ini nilainya sangat besar," ungkapnya.


Kakanwil selanjutnya membuka secara resmi kegiatan DJKN Goes To Campus Universitas Siliwangi Tahun 2021 tersebut, dan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak. "Mari belajar bersama, semoga acara ini memberi manfaat dan wawasan kita semua terkait keuangan negara," tutup Kakanwil.


Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 200 orang peserta melalui zoom meeting, yang di antaranya berasal dari Civitas Akademika Universitas Siliwangi, para pegawai KPKNL Tasikmalaya dan para pegawai DJKN baik yang berasal dari lingkungan Kanwil DJKN Jawa Barat maupun dari luar Kanwil DJKN Jawa Barat. Selain itu kegiatan ini juga disiarkan secara langsung melalui youtube streaming.


Pada acara Goes to Campus ini, narasumber Kepala KPPN Tasikmalaya Tardin Hidayat menyampaikan materi tentang APBN 2021. Tardin mengawali paparannya dengan menjelaskan struktur organisasi Kementerian Keuangan yang terdiri dari beberapa unit Eselon I, di antaranya DJKN dan Ditjen Perbendaharan (DJPb). Ia juga menjelaskan terkait tugas dan fungsi KPPN Tasikmalaya yang sangat erat dengan pengelolaan APBN. Tardin selanjutnya mengupas tutas tentang APBN, mulai dari pengertian, tujuan, fungsi, siklus, hingga postur APBN 2021 dan Program PEN.


Materi selanjutnya, terkait tugas dan fungsi DJKN oleh Kepala KPKNL Tasikmalaya Laesintje Wilar terkait Pengurusan Piutang Negara, Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Kekayaan Negara Ali Ridho terkait Pengelolaan Kekayaan Negara, Kasi Penilaian Tonny Wibowo S. terkait Penilaian dan terakhir oleh Kasi Pelayanan Lelang Y. Tri Astuti terkait Pelayanan Lelang. Masing-masing pemateri menyampaikan secara gamblang tugas dan fungsi KPKNL yang beragam. Hal tersebut merupakan pengetahuan yang baru bagi para mahasiswa, bahwa KPKNL Tasikmalaya sebagai pengelola aset negara ternyata memiliki tugas dan fungsi yang beraneka ragam.


Materi penutup disampaikan oleh Direktur Pasca Sarjana Universitas Siliwangi Dr. Ade Komaludin, SE, MSc. dengan judul "Peran APBN tahun 2021 dalam Perekonomian Indonesia". Ade Komaludin yang merupakan Doktor lulusan Ilmu Ekonomi Universitas Padjajaran ini membahas peran APBN dalam perekonomian Nasional secara ilmiah. Ade yang merupakan pakar ekonomi syari'ah ini mengawali paparannya dengan menyitir ayat dalam al-Qur'an Surat Al-Ma'un. Bahwa keberagamaan seseorang dipertanyakan ketika tidak peduli dengan kalangan rentan (Fakir Miskin). Selanjutnya Ade secara objektif dan ilmiah mengupas postur APBN dan menguraikan adanya keberpihakan APBN terhadap kalangan rentan tersebut.


Pada setiap akhir pemaparan disediakan doorprize menarik bagi peserta yang aktif mengajukan pertanyaan. Selain itu, yang tidak kalah menariknya di penghujung acara dilaksanakan simulasi lelang sukarela yang dipimpin oleh Dwi Latifa Sari, Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Pertama pada KPKNL Tasikmalaya.

Acara yang berlangsung mulai dari pukul 13.30 s.d. 17.30 ini berlangsung sangat seru dan menarik. Bagi yang tidak sempat mengikuti acara tersebut, dapat menyaksikan kembali pada Channel Youtube Humas KPKNL Tasikmalaya. (Tim Humas KPKNL Tasikmalaya)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |