Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Gandeng DJKN, LPS Siap Lelang Aset Kelolaannya
Soni Sutejo
Rabu, 17 November 2021 pukul 08:41:18   |   437 kali

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan dengan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) terkait dengan pelayanan lelang pada Selasa, (16/11) di Kantor Pusat DJKN Jakarta.

Ruang lingkup kerjasama meliputi layanan lelang aset, pertukaran data dan/atau informasi, sosialisasi dan edukasi, penelitian dan/atau kajian bersama, pemberian bantuan narasumber atau ahli, penyusunan peraturan perundang-undangan dan/atau pedoman kerja, serta dukungan sumber daya manusia dari kegiatan lainnya.


Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan Lana Solistianingsih selaku perwakilan LPS menyampaikan Terhitung sejak LPS berdiri di tahun 2004 hingga saat ini, terdapat 117 bank likuidasi, yang sebagian besarnya merupakan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, LPS telah menerima penyerahan aset dari bank likuidasi. Lana mengungkapkan bahwa aset tersebut bernilai lebih dari Rp400 miliar, dengan Rp124 miliar diantaranya telah siap untuk dilakukan penjualan melalui lelang.


"Adapun aset-aset yang dilelang, di antaranya aset milik LPS, serta aset yang dikelola oleh LPS terkait Pelaksanaan Program Restrukturisasi Perbankan, aset yang dikelola LPS berasal dari eksekusi jaminan penempatan dana, dan aset-aset bank yang ditangani atau diselesaikan oleh LPS maupun pihak lain yang ditunjuk LPS," ujarnya.


Sementara itu, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Rionald Silaban menyambut baik perjanjian kerjasama antara kedua belah pihak ini. Ia mengungkapkan bahwa layanan lelang pada saat ini berbasiskan pada kemajuan teknologi informasi, yakni permohonan lelang online dan pelaksanaan lelang digital melalui situs lelang.go.id.


Tak hanya itu, Rio juga mengungkapkan bahwa platform portal lelang Indonesia (lelang.go.id) telah teruji tingkat keamanannya serta memiliki beberapa kelebihan seperti mudah diakses melalui website maupun mobile Android, user friendly dan user experience. Kelebihan-kelebihan tersebut memberikan kemudahan pengguna dalam memperoleh apa yang dibutuhkan oleh publik dari produk digital tersebut secara lebih menarik dan menyenangkan.


"Saya menyampaikan apresiasi kepada LPS atas kerja sama selama ini, kiranya hasil kerja sama ini dapat berjalan dengan baik, lancar, efektif, dan mampu meningkatkan kinerja lelang aset pada LPS," pungkasnya. (humas-son/arn)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini