Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kongres III IPL2I, PL Kelas II Siap Membantu Percepatan Ekonomi Bangsa
Satria Islam Putra Sarabis
Selasa, 16 November 2021 pukul 11:38:05   |   417 kali

Batu – Senin, 15 November 2021, Direktur Lelang Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Joko Prihanto beserta Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Timur Tugas Agus Priyo Waluyo berkesempatan hadir pada Kongres III Ikatan Pejabat Lelang Kelas 2 Indonesia (IPL2I) pada Senin, (15/11) di Batu Jawa Timur yang mengambil tema "Membantu Percepatan Ekonomi Bangsa" dan dihadiri oleh perwakilan para Pejabat Lelang Kelas II se-Indonesia.


Direktur Lelang DJKN Joko Prihanto dalam sambutannya menyampaikan DJKN senantiasa berusaha untuk menjadikan lelang sebagai opsi jual beli yang aman, handal, dan terpercaya. “Pada tahun 2021, DJKN berkomitmen untuk meningkatkan peran privat dalam pelaksanaan lelang. Hal ini dilakukan melalui penguatan lelang non-eksekusi sukarela yang dilaksanakan oleh PL Kelas II, salah satunya melalui rekrutmen PL Kelas II,” jelasnya.


Adapun terkait persyaratan, lanjutnya, pendaftar harus memilih status sesuai dengan latar belakang pendaftar, yakni umum, Notaris/PPAT atau Pensiunan ASN DJKN. Setelah dinyatakan lulus, para calon Pejabat Lelang Kelas II yang bukan berasal dari pensiunan Aparatur Sipil Negara DJKN dapat mengajukan permohonan praktik kerja (magang) kepada Direktur Jenderal c.q. Direktur, paling lambat tiga bulan sejak tanggal sertifikat kelulusan pendidikan dan pelatihan Pejabat Lelang Kelas II. 


Joko juga menjelaskan bahwa formasi jabatan digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam pengangkatan, perpanjangan masa jabatan, dan persetujuan pindah wilayah jabatan Pejabat Lelang Kelas II.

Ia berharap Pejabat Lelang Kelas II dapat turut serta untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pelayanan lelang, memberikan pelayanan lelang non eksekusi sukarela kepada masyarakat, meningkatkan kualitas pemasaran produk melalui lelang,


Di tempat yang sama, Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Timur Tugas Agus Priyo Waluyo menyampaikan peran lelang dalam perekonomian nasional. Lelang berperan dalam penerimaan negara melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), membantu penjualan aset dan produk melalui lelang non eksekusi sukarela serta membantu menggerakkan roda perekonomian dengan meningkatkan potensi nilai barang dan membuka lapangan kerja. Selain itu, guna memaksimalkan kinerja Pejabat Lelang Kelas II, Tugas juga menyampaikan bahwa masih banyak potensi permohonan lelang yang bisa digali oleh para Pejabat Lelang Kelas II, seperti dari lelang produk unggulan UMKM, BUMN/D Persero (lelang penghapusan aset), Badan Hukum/Perorangan ( lelang penjualan aset) , lelang penjualan benda koleksi, lelang karya seni, dan lain sebagainya.


Terakhir, Ia juga memberikan kiat-kiat dan strategi untuk memasyaratkan lelang seperti membagikan informasi lelang melalui media sosial, melakukan talkshow di radio dan televisi, berinteraksi dengan para komunitas serta mensosialisasikan keunggulan lelang.

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini