Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kunjungi Surakarta, Wamenkeu: Lakukan Analisis Ekonomi Berbasis Aset Untuk Perkuat Peran DJKN
Wisnu Herjuna
Sabtu, 13 November 2021 pukul 16:19:23   |   586 kali

Surakarta – Wakil Menteri Keuangan (Wamen) Suahasil Nazara meminta seluruh jajaran Kementerian Keuangan di daerah bersinergi untuk memaksimalkan kehadiran Kemenkeu dalam memberikan kontribusi terhadap perekonomian di daerah. Hal ini disampaikannya saat memberikan arahan kepada seluruh pegawai di lingkungan Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, pada Jumat (12/11) di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surakarta. “Tidak ada yang mengerti bagaimana APBN bekerja di daerah kecuali para kepala kanwil Kementerian Keuangan di daerah tersebut,” tuturnya. Turut hadir dalam pengarahan Wamenkeu ini perwakilan dari beberapa unit vertikal Kementerian Keuangan di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.


Lebih lanjut, Suahasil meminta kepada DJKN agar terus memperkuat dan meningkatkan perannya khususnya dalam memberikan analisis ekonomi yang berbasis aset. “Saya selalu merasa kita belum cukup melakukan analisis ekonomi berbasis stock, berbasis aset,” ujarnya. DJKN juga perlu merumuskan angle mana yang akan dilihat dan diperkuat dalam kontribusi terhadap perekonomian di daerah, misalnya dalam pengembangan UMKM. “Hal inilah yang kemudian dapat disinergikan bersama dengan Ditjen Perbendaharaan, Ditjen Pajak dan Ditjen Bea dan Cukai di daerah,” tambahnya.


Sebelumnya, Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta Mahmudsyah telah memaparkan profil dan kinerja Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Kemudian dilanjutkan Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban yang menyampaikan mengenai revaluasi BMN, pembangunan system interkoneksi (informasi) BMN Hulu Migas, pengurusan piutang Negara, Satgas BLBI, lelang, peningkatan kapasitas Pemda (asset management & valuation) dan UMKM serta sinergi BUMN dengan kantor vertikal DJKN.


Salah satu isu penting yang disampaikan Rio adalah tentang obsoled-nya aplikasi lelang DJKN, sekaligus meminta perhatian dan bantuan Wamen untuk mengalokasikan anggaran memperbarui aplikasi lelang tersebut. Menutup paparannya, Rio berpesan kepada para direktur, para kakanwil, para kepala KPKNL dan seluruh pegawai DJKN yang mengikuti acara ini untuk menyimak pengarahan dan pesan-pesan wamen dengan sebaik-baiknya.


Acara dilanjutkan dengan tanya-jawab antara para pegawai dengan Wamen yang dimoderatori oleh Dirjen Kekayaan Negara terkait dengan isu-isu hangat mengenai kolaborasi, sinergi dan Kemenkeu Satu.


Pukul 15.30 WIB, Wakil Menteri Keuangan mengakhiri kunjungan kerjanya di KPKNL Surakarta. Direktur Jenderal Kekayaan Negara beserta Staf Ahli OBTI mengiringi Wamenkeu melanjutkan kunjungan kerjanya menuju salah satu Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan yang berada di Jawa Tengah, tepatnya di Wonosobo, yaitu PT. Geo Dipa Energi (Persero). (Penulis : Edi Muwasin)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini