Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
PLTS, Proyek Investasi Pemerintah di Timur Indonesia untuk Terangi Negeri
Berdik Dili Guntoro
Selasa, 09 November 2021 pukul 20:38:43   |   1174 kali

Sorong – Direktorat Kekayaan Negara Dipisahkan DJKN melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) Penyertaan Modal Negara (PMN) PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dengan melakukan kunjungan ke Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Solol dan PLTS Bianci pada Rabu-Kamis (3-4/11). Kegiatan tersebut diikuti pula oleh Direktur Hukum dan Human Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Tri Wahyuningsih Retno Mulyani.

PMN pada PT PLN TA 2019 diberikan  sebesar Rp6,5 triliun yang digunakan untuk membiayai kegiatan Listrik Desa serta kegiatan pembangunan Transmisi dan Gardu Induk. Sedangkan PMN TA 2020 sebesar Rp5 triliun didedikasikan untuk pembiayaan pembangunan Pembangkit EBT, Transmisi dan Gardu Induk, serta Distribusi dan Listrik Desa. Hasil nyata dari dana PMN tersebut diantaranya adalah terwujudnya PLTS Solol dan PLTS Bianci yang terletak di kepulauan terpencil di Provinsi Papua Barat.

PLTS Solol dengan kapasitas 110 KWP mulai beroperasi pada bulan April 2021 melistriki 120 rumah warga atau sekitar 467 jiwa. Sedangkan PLTS Bianci melistriki 52 kepala keluarga (226 jiwa) dan beroperasi mulai Desember 2020 dengan kapasitas 30 KWP. Kedua PLTS ini merupakan serangkaian dari proyek Papua Terang yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero). Hal ini adalah bukti komitmen Pemerintah dan juga BUMN untuk  menerangi wilayah yang belum teraliri listrik terutama Wilayah terpencil di Papua dan Papua Barat, dengan mengoptimalkan potensi energi baru dan terbarukan yang tersedia, yakni sinar matahari sehingga upaya Pemerintah dalam mensukseskan program rasio elektrifikasi 100% di seluruh negeri dapat segera terwujud.

Dari testimoni penduduk di kedua Desa tersebut, diketahui bahwa masuknya listrik ke desa mereka memilki peranan yang signifikan, tidak hanya dampak pada ekonomi masyarakat, namun juga dalam kegiatan sehari-hari seperti kegiatan belajar mengajar, kegiatan peribadatan, serta kegiatan lainnya. Kepala Kampung Solol dan Kepala Kampung Bianci sebagai perwakilan masyarakat mengucapkan terima kasih atas upaya Pemerintah khususnya Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN serta PT PLN (Persero) dalam membangun desanya tersebut.

Pada kesempatan tersebut Direktur Hukum dan Humas DJKN yang biasa disapa Ani menyampaikan agar masyarakat bersama-sama menjaga PLTS yang telah dibangun dengan menggunakan dana PMN tersebut. “Saya titip PLTS ini ke Bapak/Ibu sekalian. Mohon dijaga dan dirawat agar manfaatnya dirasakan seterusnya oleh Bapak/Ibu,” pesan Ani.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini