Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
DJKN – SMF Sosialisasikan Program Penyaluran Kredit Perumahan
Ridho Kurniawan Siregar
Rabu, 03 November 2021 pukul 15:13:44   |   482 kali

Direktur Utama PT Sarana Multigriya Finansial (PT SMF) Ananta Wiyogo mengatakan bahwa fokus kerja PT SMF saat ini adalah untuk dapat menyalurkan pendanaan guna menyediakan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah melalui program Kredit Perumahan Rakyat (KPR) yang dilaksanakan oleh perbankan. “SMF ini fungsinya adalah kita membantu menyediakan dana jangka panjang yang disalurkan melalui penyalur KPR baik itu Bank, BPD, Bank Syariah Multi Finance yang ditujukan untuk rakyat khusunya masyarakat berpenghasilan rendah supaya memiliki tempat tinggal atau rumah,” jelas Ananta dalam kegiatan Audiensi dan Sosialisasi PT SMF pada Selasa (02/11) bertempat di Aula Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau.

Mendukung pernyataan Ananta, Direktur Kekayaan Negara (KND) DJKN Meirijal Nur mengatakan bahwa PT SMF memang sedang gencar-gencarnya mendorong pendanaan pada perbankan untuk dapat disalurkan melalui program KPR. Program tersebut selaras dengan program pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan untuk dapat mewujudkan Pemulihan Ekonomi bagi masyarakat terdampak pandemi covid-19. 

Lebih lanjut Meirijal mengatakan bahwa PT SMF merupakan Special Mission Vehicle (SMV) di bawah Kementerian Keuangan sehingga sudah seharusnya apa yang dilakukan oleh PT SMF merupakan bagian dari program besar Kementerian Keuangan. “Jadi SMF ini salah satu SMV. SMV secara sederhana sebagai alat fiskal pemerintah. Jadi di Kementerian Keuangan itu ada beberapa institusi atau perusahaan yang berfungsi sebagai perpanjangan tangan peran menteri keuangan dalam mengeksekusi kegiatan fiskalnya, dan salah satunya adalah SMF,” pungkasnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Kanwil DJKN Riau, Sumbar, dan Kepulauan Riau Sudarsono beserta jajarannya tersebut dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab secara langsung bersama dengan Direktur SMF dan Direktur KND. 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini