Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Dialog Interaktif bersama RRI Sumenep, DJKN bersama UMKM untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh
Muhammad Mukti Abadi
Selasa, 02 November 2021 pukul 16:58:06   |   485 kali

Sumenep – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pamekasan bekerja sama dengan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Sumenep mengadakan Dialog Interaktif dengan topik “DJKN Bersama UMKM untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Acara tersebut disiarkan secara langsung melalui Programa 1 FM 101.3 MHz dan Youtube RRI Sumenep pada Senin, (1/11) pukul 15.00 s.d. 16.00 WIB.


Dialog Interaktif yang berlangsung selama 60 menit tersebut membahas bagaimana peran Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dalam mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19.


Selain itu, acara tersebut juga mengupas tuntas kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Oeang Ke-75 di lingkungan Kantor Wilayah DJKN Jawa Timur, yang dibalut dalam acara “Extravaganza Hari Oeang (EHO) 2021”, yang merupakan remake dari kegiatan sebelumnya, yaitu Expo Lelang yang rutin diselenggarakan sejak tahun 2019. Adapun secara umum tujuan dari acara dialog interaktif tersebut adalah untuk mengedukasi dan menyebarkan informasi kepada masyarakat, khususnya para pelaku UMKM dengan memberikan kesempatan secara luas guna memasarkan produknya melalui lelang.go.id.


Narasumber Kepala Seksi Pelayanan Lelang Andi Prayitno dan Pelaksana pada Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Pamekasan Adlan Shibghotulloh Afifi yang dipandu oleh host Programasatu RRI Sumenep Ani Purnama memulai dengan menjelaskan tugas dan fungsi KPKNL Pamekasan.


Dialog berlanjut mengenai pelayanan lelang, yang antara lain terkait syarat-syarat sebagai penjual dalam mengajukan permohonan lelang dan syarat-syarat sebagai pembeli dalam mengikuti pelaksanaan lelang. ”Untuk menjadi penjual dalam lelang, persyaratannya sangat mudah, yaitu mempunyai KTP dan NPWP, kemudian dilanjutkan membuat akun di lelang.go.id dan meng-upload barang yang akan dijual lelang,” jelas Adlan. Untuk menjadi pembeli, lanjutnya, persyaratannya sama seperti penjual. Misalnya tertarik dengan barang yang ditawarkan dalam lelang, pembeli dapat meng-klik ikut lelang dan menyetor sejumlah uang jaminan.


Dialog yang berlangsung secara interaktif tersebut mendapat tanggapan yang cukup antusias dari masyarakat. Hal ini terbukti dari pertanyaan yang masuk melalui saluran telepon. Dari pertanyaan tersebut, dapat diketahui bahwa masyarakat luas terutama para pelaku UMKM sangat tertarik dengan lelang, namun mereka belum mengetahui dan belum memahami, serta persepsi mereka terhadap lelang yang merupakan salah satu alternatif transaksi jual beli yang mudah, aman, dan objektif belum terinformasikan.

  

Di akhir kegiatan, turut hadir Kepala Subbagian Umum KPKNL Pamekasan Tri Wahyudy yang mewakili Kepala KPKNL Pamekasan memberikan piagam penghargaan kepada Kepala LPP RRI Sumenep yang diwakili oleh M. Saleh selaku Kepala Seksi Layanan dan Pengembangan Usaha. Penghargaan ini diberikan atas kerja sama yang terjalin baik antara KPKNL Pamekasan dan LPP RRI Sumenep selama ini.


Dengan adanya acara Dialog Interaktif seperti ini, diharapkan masyarakat khususnya para pelaku UMKM dapat lebih teredukasi tentang tugas dan fungsi DJKN/KPKNL di bidang lelang, sehingga nantinya produk yang dijual dapat meningkat penjualannya dengan mulai dijualnya melalui lelang.go.id.

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini