Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Media Brefing Kanwil DJKN Jatim, Layanan Lelang Bantu UMKM dalam Mendukung PEN
Deni Atif Hidayat
Selasa, 02 November 2021 pukul 09:10:02   |   426 kali

Surabaya - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Jawa Timur (Kanwil DJKN Jatim) dalam rangka memeriahkan Hari Oeang yang ke-75 mengadakan Media Breafing bersama dengan Bank Indonesia perwakilan Jawa Timur pada Senin, (1/11) di Surabaya. Media Briefing yang  dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Oeang yang ke-75 ini dihadiri oleh  12 media nasional cetak, elektronik dan online yaitu Jawa Pos, Radar Surabaya, Surya/Tribunesnews, Koran Sindo, Liputan6.com, Warta Ekonomi, Detik.com, Republika dan Bisnis Indonesia.


Media briefing yang mengambil tema Pemberdayaan UMKM oleh DJKN dan Lembaga Keuangan di Jawa Timur ini diikuti pula oleh lembaga keuangan perbankan dan non perbankan. Lembaga perbankan antara lain Kanwil BRI Surabaya, Kanwil BRI Malang, Kanwil BNI Surabaya, Kanwil BNI Malang, Kanwil BTN Surabaya, Kanwil Mandiri Surabaya,  Kanwil BSI Surabaya dan BPD Jawa Timur. Sedangkan dari lembaga keuangan non perbankan diikuti oleh Permodalan Nasional Madani Surabaya.


Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Timur Tugas Agus Priyo Waluyo dalam media breafing menyampaikan terkait peran lelang UMKM dalam mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). “Kanwil DJKN Jawa Timur bersama dengan KPKNL yang berada di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Timur berjumlah enam KPKNL melalui tim pelayanan pemberdayaan masyarakat melakukan pemberdayaan terhadap pelaku UMKM di wilayah Jatim untuk dapat memasarkan produk unggulannya secara online melalui portal lelang yaitu lelang-Jatim.kemenkeu.go.id, kemudian pelaksanaan didalamnya dilakukan melalui lelang.co.id atau pada aplikasi Android lelang Indonesia,” ujarnya.


Selain itu, Kanwil DJKN Jatim juga bekerjasama dengan dinas atau instansi terkait dalam hal pembinaan dan pendampingan UMKM yang ingin mengikuti lelang melalui lelang.go.id ataupun memasarkan produk-produknya melalui website lelang-Jatim.kemenkeu.go.id.

Tugas Agus juga menyampaikan Kanwil DJKN Jawa Timur melalui Tim Pelayanan Pemberdayaan Masyarakat (TPPM) melaksanakan pendampingan terhadap UMKM di wilayah Provinsi Jawa Timur. “Sebagai komitmen kami terhadap pemberdayaan UMKM pada bulan yang pertama pada bulan Agustus 2021, kami melaksanakan pekan Extravaganza lelang produk UMKM,” ungkapnya.

Hal tersebut, lanjutnya, akan berlanjut setiap bulannya ada lelang UMKM yang dilaksanakan oleh enam KPKNL diwilayah Kanwil DJKN Jawa Timur.


Sebagai informasi, sampai dengan saat ini, terdapat 14 wilayah di propinsi Jawa Timur yang telah memanfaatkan pemasaran produk UMKMnya melalui portal lelang.go.id antara lain Malang, Trenggalek, Lumajang, Tulungagung, Surabaya, Madiun, Bondowoso, Malang, Blitar, Jombang, Kediri, Sidoarjo, Batu dan Bojonegoro.


Produk-produk unggulan dari UMKM yang telah dipasarkan melalui lelang.go.id antara lain berupa batik tulis, ukiran kayu jati, produk handicraft, ikan koi, jamu kesehatan, produk fashion, kerajinan marmer, alat musik jimbe, beras, hewan ternak kambing Senduro, kerajinan tas dan jaket kulit serta kopi.


“Berdasarkan tren tersebut, dapat kami simpulkan bahwa semua produk UMKM dapat dipasarkan melalui portal lelang.go.id,” ungkapnya.

Sebagai penutup, Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur menyampaikan harapannya agar seluruh pihak harus saling bersinergi untuk mendukung kemajuan UMKM di Jawa Timur demi kelangsungan perekonomian Jawa Timur. (dah)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini