Surabaya - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal
Kekayaan Negara Jawa Timur (Kanwil DJKN Jatim) dalam rangka memeriahkan Hari
Oeang yang ke-75 mengadakan Media Breafing bersama dengan Bank Indonesia
perwakilan Jawa Timur pada Senin, (1/11) di Surabaya. Media Briefing yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari
Oeang yang ke-75 ini dihadiri oleh 12 media
nasional cetak, elektronik dan online yaitu Jawa Pos, Radar Surabaya,
Surya/Tribunesnews, Koran Sindo, Liputan6.com, Warta Ekonomi, Detik.com,
Republika dan Bisnis Indonesia.
Media briefing yang mengambil tema Pemberdayaan UMKM oleh
DJKN dan Lembaga Keuangan di Jawa Timur ini diikuti pula oleh lembaga keuangan
perbankan dan non perbankan. Lembaga perbankan antara lain Kanwil BRI Surabaya,
Kanwil BRI Malang, Kanwil BNI Surabaya, Kanwil BNI Malang, Kanwil BTN Surabaya,
Kanwil Mandiri Surabaya, Kanwil BSI
Surabaya dan BPD Jawa Timur. Sedangkan dari lembaga keuangan non perbankan
diikuti oleh Permodalan Nasional Madani Surabaya.
Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Timur Tugas Agus Priyo
Waluyo dalam media breafing menyampaikan terkait peran lelang UMKM dalam
mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). “Kanwil DJKN Jawa Timur bersama
dengan KPKNL yang berada di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Timur berjumlah enam
KPKNL melalui tim pelayanan pemberdayaan masyarakat melakukan pemberdayaan
terhadap pelaku UMKM di wilayah Jatim untuk dapat memasarkan produk unggulannya
secara online melalui portal lelang yaitu lelang-Jatim.kemenkeu.go.id, kemudian
pelaksanaan didalamnya dilakukan melalui lelang.co.id atau pada aplikasi
Android lelang Indonesia,” ujarnya.
Selain itu, Kanwil DJKN Jatim juga bekerjasama dengan dinas
atau instansi terkait dalam hal pembinaan dan pendampingan UMKM yang ingin
mengikuti lelang melalui lelang.go.id ataupun memasarkan produk-produknya
melalui website lelang-Jatim.kemenkeu.go.id.
Tugas Agus juga menyampaikan Kanwil DJKN Jawa Timur melalui
Tim Pelayanan Pemberdayaan Masyarakat (TPPM) melaksanakan pendampingan terhadap
UMKM di wilayah Provinsi Jawa Timur. “Sebagai komitmen kami terhadap
pemberdayaan UMKM pada bulan yang pertama pada bulan Agustus 2021, kami
melaksanakan pekan Extravaganza lelang produk UMKM,” ungkapnya.
Hal tersebut, lanjutnya, akan berlanjut setiap bulannya ada
lelang UMKM yang dilaksanakan oleh enam KPKNL diwilayah Kanwil DJKN Jawa Timur.
Sebagai informasi, sampai dengan saat ini, terdapat 14
wilayah di propinsi Jawa Timur yang telah memanfaatkan pemasaran produk UMKMnya
melalui portal lelang.go.id antara lain Malang, Trenggalek, Lumajang,
Tulungagung, Surabaya, Madiun, Bondowoso, Malang, Blitar, Jombang, Kediri,
Sidoarjo, Batu dan Bojonegoro.
Produk-produk unggulan dari UMKM yang telah dipasarkan
melalui lelang.go.id antara lain berupa batik tulis, ukiran kayu jati, produk
handicraft, ikan koi, jamu kesehatan, produk fashion, kerajinan marmer, alat
musik jimbe, beras, hewan ternak kambing Senduro, kerajinan tas dan jaket kulit
serta kopi.
“Berdasarkan tren tersebut, dapat kami simpulkan bahwa
semua produk UMKM dapat dipasarkan melalui portal lelang.go.id,” ungkapnya.
Sebagai penutup, Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur menyampaikan
harapannya agar seluruh pihak harus saling bersinergi untuk mendukung kemajuan
UMKM di Jawa Timur demi kelangsungan perekonomian Jawa Timur. (dah)