Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kanwil DJKN Sumut Bangkitkan Optimisme Sukses WTP LKPD bagi Pemda
Perasanta Sibuea
Rabu, 27 Oktober 2021 pukul 10:15:58   |   209 kali

Medan – Staff Ahli Gubernur Sumatera Utara Agus Tripriyono menyambut gembira atas usaha Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Sumut untuk membangkitkan optimisme pemerintah daerah dalam meningkatkan good governance. “Tentunya kami menyambut gembira pelaksanaan webinar yang mengambil tema Sukses LKPD WTP (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Wajar Tanpa Pengecualian-red), sebuah tema yang pastinya sangat dibutuhkan oleh teman-teman daerah, dalam meningkatkan good governance, apalagi para narasumber yang akan menyampaikan materi para professional yang mumpuni dibidangnya, yang pastinya memiliki strategi terbaik untuk mewujudkan LKPD terbaik,” ujarnya saat menyampaikan keynote speech Webinar Explore DJKN yang mengambil tema “Sukses Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Wajar Tanpa Pengecualian” yang diadakan Kanwil DJKN Sumut pada Selasa, (26/10).


Webinar Explore DJKN yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan hari jadi DJKN yang ke 15 ini, diharapkan dapat memberikan semangat dan harapan optimis bagi pemerintah daerah dalam meraih opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).


Selain itu, webinar ini sebagai puncak kegiatan explore DJKN di Sumut yang bertujuan untuk memperkenalkan DJKN kepada masyarakat luas dan memperkuat engagement dengan seluruh stakeholders melalui beberapa kegiatan seperti perlombaan mewarnai, puisi, menulis artikel, dan pidato, DJKN berbagi kasih.


Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara Tedy Syandriadi menyampaikan bahwa sukses LKPD WTP menjadi tema yang sangat menarik dan penting disimak oleh stakeholders khususnya para pengelola asset daerah mengingat sampai saat ini banyak pemda yang belum mendapatkan opini WTP atas pemeriksaan laporan keuangan oleh BPK. “Pemberian opini oleh BPK atas LKPD Bapak dan Ibu, tentulah memiliki standard dan ketentuan yang telah ditetapkan,” ungkap Tedy.


Lebih lanjut, ia menjelaskan pada banyak catatan atas hasil pemeriksaan masih terkait dengan pengelolaan kas, persediaan, investasi permanen dan non permanen, dan utamanya pada pengelolaan aset dalam hal ini Barang Miliki Daerah.


Webinar Explore DJKN menghadirkan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumut Eydu Oktain Panjaitan, Kasubdit BMD Direktorat BUMD, BLUD, dan BMD Kemendagri Amanah, dan Kabid Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil DJKN Sumut Maulina Fahmilita. Ketiga narasumber mengupas secara tuntas tentang substansi dan strategi kebijakan pengelolaan BMD, temuan dan permasalahan yang kerap ditemukan oleh BPK dalam LKPD, dan kontribusi DJKN dalam mewujudkan LKPD WTP.

Acara yang turut dihadiri oleh berbagai instansi Kementerian/Lembaga dan BPKAD daerah ini berlangsung dengan baik dan disambut antusias oleh seluruh peserta webinar. Webinar ini diharapkan memberi manfaat bagi para Pemerintah Daerah untuk membenahi pengelolaan asset daerah dalam mewujudkan opini WTP atas LKPD. (pera)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini