Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
DJKN Perkenalkan Analisis Highest and Best Use untuk Optimalkan Pengelolaan Aset Negara
Esti Retnowati
Selasa, 26 Oktober 2021 pukul 16:20:07   |   363 kali

Jakarta -  Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menyelenggarakan International webinar bertajuk Enhancing Asset Management through Highest and Best Use secara daring melalui kanal Youtube DJKN pada Jumat (22/10). Acara ini merupakan penutup dari rangkaian Acara Nasional Valuasi (Carnival) 2021, hasil kolaborasi antara Direktorat Penilaian DJKN selaku instansi pembina jabatan fungsional dengan forum Penilai Pemerintah Indonesia (OPPINI) yang terdiri dari kegiatan edukasi tentang ilmu penilaian dan pengelolaan aset serta memperkenalkan profesi penilai di Indonesia.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban mengatakan bahwa selaku Pengelola Barang Milik Negara dan Daerah (BMN/D), DJKN diharapkan mampu menghasilkan nilai dan kegunaan terbaik dari aset negara demi kemakmuran rakyat. Untuk itu perlu dipastikan bahwa pengelolaan BMN/D telah sesuai dengan alur mekanisme yang akuntabel dan optimal. Salah satu tahapan penting dalam pengelolaan BMN/D ialah perencanaan. Perencanaan yang baik akan menghasilkan nilai yang paling optimal, baik dari sisi nilai aset maupun dari sisi outcome.

Dalam perencanaan pengelolaan aset BMN/D, lanjutnya, terdapat alat bantu yang dapat digunakan yaitu Analisis Highest and Best UseAnalisis Highest and Best Use dapat membantu menentukan penggunaan properti apa yang dapat memberikan nilai dan manfaat yang tertinggi dan terbaik dari properti yang dimiliki.

Lebih lanjut, ia menuturkan akan pentingnya menginisiasi dan mendorong praktik-praktik pengelolaan BMN/D yang efektif dan optimal serta berbasis keilmuan seperti yang dilakukan penilai di negara maju dan penilai disektor privat. “Pengelolaan BMN/D merupakan pekerjaan besar, dibutuhkan kolaborasi dan sinergi dari semua pihak, kami mengharapkan komitmen dan kerja sama penuh dari kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, penilai publik, akademisi diseluruh Indonesia untuk terus mengembangkan praktik-praktik pengelolaan BMN/D yang efisien dan akuntabel”, ujarnya. 

Adapun narasumber webinar yakni Dr. Diaswati Mardiasmo menyampaikan materi terkait Public Asset Management - A Queensland Story, R.J.A (Roel) Hamers, MRE menyampaikan materi terkait Optimizing Property Asset Performance Using Highest and Best Use Analysis, dan Ir. Okky Danuza, M.Sc menyampaikan materi terkait Enhancing Asset Management Through HBU.

Pada kesempatan webinar tersebut juga diumumkan para pemenang lomba dalam rangka Carnival 2021 yakni pemenang Lomba Foto: Dhyan Virawan Suhendra  dari KPKNL Singkawang, pemenang Lomba Poster: Bayu Aji Mitayani dari KPKNL Palopo, pemenang Lomba Kajian Ilmiah: Ahmad Fauzi dari KPKNL Jambi dan pemenang Lomba Vlog: KPKNL Bengkulu.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini