Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KOIN 2021, Langkah DJKN Wujudkan Optimalisasi Aset Negara
Futri Almirah
Jum'at, 22 Oktober 2021 pukul 09:05:00   |   435 kali

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menyelenggarakan Grand Final Kompetisi Inovasi Implementasi (KOIN) 2021 yang disaksikan secara daring oleh seluruh jajaran DJKN pada Kamis (21/10). Penyelenggaraan Grand Final ini merupakan kompetisi lanjutan dari Kompetisi Inovasi (KOIN) Aset Manajer DJKN 2020 yang diikuti oleh seluruh perwakilan Kantor Wilayah DJKN di seluruh wilayah Indonesia. Tenaga Pengkaji Restrukturisasi Privatisasi DJKN Ahmad Yani selaku Ketua Tim KOIN 2021 mengatakan bahwa pelaksanaan KOIN Implementasi DJKN 2021 ini merupakan bentuk semangat untuk mewujudkan optimalisasi aset negara serta sebagai bentuk monitoring atas keberlangsungan dan keberlanjutan dari proyek-proyek optimalisasi aset yang telah diusulkan pada periode KOIN 2020.

Sebagai acara puncak dari rangkaian tahapan pelaksanaan KOIN Implementasi DJKN 2021 yang di-launching pada 5 Maret 2021 bersamaan dengan launching KOIN DJKN 2021-2022, tahapan Grand Final ini memperebutkan gelar terbaik pada masing-masing kategori yang dikompetisikan yakni kategori Optimalisasi Aset pada Pengguna Barang dan kategori Optimalisasi Aset pada Pengelola Barang.

Peserta yang menjadi grand finalis dari kategori Tim Optimalisasi Aset pada Pengguna Barang yaitu Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu dan Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara. Sedangkan grand finalis dari kategori Tim Optimalisasi Aset pada Pengelola Barang adalah Kanwil DJKN Jawa Barat dan Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara. Dua tim terbaik dari masing-masing kategori ini, sebelumnya telah melalui serangkaian seleksi dan penjurian dari tim penilai internal.

Dari seluruh rangkaian penjurian pada acara KOIN Implementasi DJKN 2021 termasuk Grand FInal, tim Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu terpilih sebagai The Best Asset Manager KOIN Implementasi kategori Pengguna Barang sekaligus sebagai pemenang atas Tim Yel-yel terbaik. Sedangkan tim Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara terpilih sebagai The Best Asset Manager KOIN Implementasi kategori Pengelola Barang sekaligus pemenang atas Video Dokumentasi terbaik.

Pada kesempatan itu, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban menyampaikan akan pentingnya peran manajemen aset bagi kesejahteraan negara sebagaimana pesan Menteri Keuangan bahwa ciri khas negara maju adalah asetnya yang bekerja, semakin keras kerja aset tersebut semakin sejahtera pula negaranya. “Hal ini menjadi tantangan bagi seluruh insan kekayaan negara untuk terus berkreasi, berinovasi serta berkolaborasi dalam mengoptimalisasi aset negara. Oleh karena itu, kompetisi Inovasi (KOIN) lahir dari semangat untuk membuat aset bekerja sehingga negara bisa menikmati hasilnya,” ujarnya.

Ia berharap kompetisi ini dapat menyalurkan inovasi pengelola aset yang responsif terhadap trend pasar dan dinamika demografi masyarakat. Dirinya juga berpesan kepada seluruh jajaran DJKN untuk bersama-sama mengupayakan pemanfaatan aset secara optimal.

Salah satu PR yang harus kita selesaikan segera adalah mengoptimalkan kegunaan dan manfaat aset yang saat ini masih berstatus idle/underutilized. Pemanfaatan aset negara harus dapat memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat. Keputusan dalam pengelolaan aset tidak boleh disandarkan semata pada perhitungan finansial tapi juga harus mempertimbangkan manfaat sosial ekonomi bagi masyarakat. Untuk itu perlu kolaborasi bersama masyarakat maupun pemerintah setempat, agar dapat mengoptimalkan manfaat dari hal-hal yang bisa dimanfaatkan sehingga memiliki nilai tepat guna dan tepat sasaran. Serta kita sebagai aset manager dapat berperan langsung dalam denyut sosial ekonomi dan aktivitas masyarakat,” pungkasnya. (mira)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini