Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Berita DJKN

NGOPPI Perdana, Direktur Penilaian Apresiasi Forum Diskusi dan Edukasi Fungsional Penilai Pemerintah

Selasa, 12 Oktober 2021 pukul 16:10:42   |   131 kali

Banten - Direktur Penilaian Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kurniawan Nizar mengapresiasi kegiatan Ngobrol Bareng OPPINI (NGOPPI) yang diinsiasi oleh Direktorat Penilaian bekerja sama dengan Organisasi Penilai Pemerintah Indonesia (OPPINI) pada Senin, (11/10). Kegiatan NGOPPI ini diharapkan dapat menjadi forum diskusi dan edukasi untuk meningkatkan literasi para fungsional penilai pemerintah di seluruh Indonesia. “Forum ini harus menjadi media bagi kita untuk mendiskusikan dan menganalisis best practice (praktik terbaik-red) dalam penilaian sebagai wujud konkret DJKN terus berinovasi mengoptimalkan pengelolaan kekayaan negara dan pemulihan ekonomi negeri,” terang Nizar dalam pembukaan kegiatan NGOPPI yang dilakukan perdana, melalui daring di hari ini (Senin, 11/10).


OPPINI Dewan Pimpinan Cabang (DPC) DKI Jakarta, Banten dan Jabar menjadi penanggung jawab pelaksanaan NGOPPI perdana dengan tema “Analisis Manfaat dan Dampak Ekonomi Sosial”. Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah (PFPP) ahli madya Petrus Teguh, PFPP Ahli Muda Wahyu Kurniawati dan PFPP Ahli Pertama Ridwan Maharsi berkesempatan menjadi narasumber yang memaparkan dengan detail Analisis Manfaat dan Dampak Ekonomi Sosial. Latar belakang, tahapan persiapan, survey, kertas kerja dan tahapan analisis  manfaat dan dampak ekonomi sosial dibahas dengan detail dan komprehensif dalam diskusi kali ini.


Sebagai tim yang telah melakukan beberapa kali penilaian manfaat dan dampak ekonomi sosial, para pemateri berbagi pengalaman, menjelaskan kerangka konseptual, dan berbagi tips dalam mengerjakan penilaian analisis manfaat dan dampak ekonomi sosial ini.

Acara NGOPPI perdana mendapat respon positif dari para pejabat fungsional penilai pemerintah, hal ini ditandai dengan antusiasme para peserta dalam merespon pemateri, dan jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan ini lebih dari 300 orang yang tersebar di seluruh kantor unit vertikal DJKN.


Di akhir kegiatan, Ketua OPPINI Alexander Ginting menyampaikan terima kasih atas atensi dan kehadiran seluruh peserta. “OPPINI harus berupaya menjadi pusat pengetahuan data penilaian,” ujarnya. Untuk memenuhi target tersebut, lanjtnya, OPPINI harus terus mengembangkan pengetahuan dan kompentesi, memperdalam keilmuan penilaian dengan mempelajari praktik-praktik penilaian di negara maju, dan  terus melakukan sharing knowledge dan webinar bermanfaat seperti NGOPPI yang dilakukan saat ini. (Pera)

 

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |