Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Berita DJKN

Kenalkan APBN 2021 dan Peran DJKN, Kanwil DJKN Kaltimtara Goes to Campus

Kamis, 09 September 2021 pukul 14:56:08   |   93 kali

Samarinda – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kalimantan Timur dan Utara bersama Badan Pendidikan dan Pelatihan Balikpapan menggelar DJKN Goes to Campus 2021 (GTC) pada Universitas Balikpapan, Universitas Mulawarman, Politeknik Negeri Samarinda, Universitas Trunajaya Bontang, dan Universitas Borneo Tarakan yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dan streaming Youtube pada Kamis (9/9).


Kegiatan GTC 2021 ini mengusung tema “APBN 2021 dan Peran DJKN dalam Pemulihan Ekonomi Nasional Dimasa Pandemi” yang diharapkan sebagai salah satu sarana untuk memberikan edukasi yang efektif dalam menanamkan kesadaran dalam pentingnya mengelola kekayaan negara kepada generasi muda.


Turut hadir secara virtual, Rektor Universitas Balikpapan Isradi Zainal, Rektor Universitas Trunajaya Bontang Bilher Hutahaean, Direktur Politeknik Negeri Samarinda Ramli, Kepala Biro Perencanaan Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Universitas Mulawarman Sugiharta, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Perencanaan dan Kerjasama Universitas Borneo Tarakan  Djaya Bakri, Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara Kusumawardhani, dan Widyaiswara Pusdiklat AP BPPK Ahmad Zunaidi.


Ratusan mahasiswa/i sangat antusias menyimak pemaparan materi terkait APBN yang disampaikan oleh Widyaiswara Pusdiklat AP BPPK Ahmad Zunaidi dan materi terkait peran DJKN yang disampaikan oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Bontang Palupi Anggraini yang dimoderatori oleh Kepala Seksi Hukum dan Informasi Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Balikpapan Hendra Saputra.


Pengenalan pengelolaan kekayaan Negara melalui GTC ini sangat dibutuhkan dnegan adanya peran aktif dari setiap elemen masyarakat Indonesia khususnya mahasiswa yang merupakan tonggak penerus bangsa, sesuai arahan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan komunikasi Kementerian Keuangan yang harus dapat dikomunikasikan secara konsisten khususnya kepada generasi muda penerus bangsa. Lebih dari 500 peserta GTC 2021 antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.


Membuka acara GTC 2021, Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara Kusumawardhani menyampaikan bahwa DJKN merupakan salah satu unit Eselon I Kementerian Keuangan yang mempunyai tugas dan fungsi dalam mengelola kekayaan negara. “Melalui kegiatan GTC ini dapat mengenalkan DJKN sebagai asset manager kepada masyarakat dan diharapkan generasi muda dapat turut membantu pelaksanaan tugas dan fungsi DJKN dimasa mendatang,” ungkapnya.

 

Di tempat yang sama, Rektor Universitas Balikpapan Isradi Zainal menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada DJKN c.q. Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara atas terselenggaranya kegiatan GTC 2021 yang mengajak civitas akademika mengenalkan peran penting DJKN dalam mengelola aset negara. “Saya sangat senang dapat berpartisipasi dalam kegiatan edukasi GTC serta mewakili dari seluruh peserta civitas akademika yang hadiri pada hari ini untuk mengetahui bagaimana pentingnya dalam mengelola APBN dan kekayaan negara,” jelasnya.


Pemaparan materi disampaikan oleh narasumber pertama Ahmad Zunaidi yaitu kebijakan PPKM dan upaya pemerintah melindungi masyarakat. Ahmad Zunaidi menyampaikan terkait kebijakan pemerintah bidang ekonomi yaitu kebijakan fiskal dan kebijakan moneter. Ia juga memberikan edukasi terkait asesmen kondisi sosial ekonomi Indonesia 2021 dan perkembangan Covid-19, respon kebijakan fiskal 2021 untuk melindungi masyarakat, serta evaluasi kebijakan untuk mendukung continuous improvement.


Materi kedua disampaikan oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Bontang Palupi Anggraini yang diawali dengan penyampaian korelasi APBN dengan pengelolaan kekayaan negara.

Palupi mengenalkan DJKN yang ditugaskan untuk mengelola barang milik negara (BMN), dimana BMN tersebut memiliki fungsi sebagai penyelenggaraan negara, pelayanan masyarakat, fungsi ekonomi, dan fungsi pendukung lainnya.


Di sela-sela penyampaian materi, panitia GTC 2021 menyiapkan games dalam bentuk kuis yang diikuti oleh mahasiswa peserta GTC. Dilihat dari jumlah peserta kuis yang banyak, para mahasiswa sangat antusias mengikuti games tersebut, tak lupa panitia juga telah menyiapkan hadiah bagi pemenang kuis.


Pelaksanaan GTC 2021 ini berjalan lancar dengan mahasiswa sebagai pesertanya mengikuti sesi tanya jawab yang diberikan oleh narasumber dengan tujuan pengenalan APBN dan aset negara kepada para mahasiswa agar pengelolaan tersebut nantinya dapat dipahami dan generasi muda dapat membantu berperan dalam pengelolaan APBN dan menjaga aset negara. (narasi/foto: ard/mfs)

 

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |