Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Tutup Rakernas DJKN 2021, Dirjen KN: Substansi yang Diharapkan adalah Value Creation
Faza Fakhriyan Wildan
Kamis, 02 September 2021 pukul 09:05:02   |   251 kali

Jakarta – Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Rionald Silaban menutup kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) 2021 yang dilaksanakan selama tiga hari mulai Senin-Rabu (30/8-1/9). Dalam arahannya,  ia mengatakan bahwa inti dari rakernas DJKN 2021 ini bukan hanya inovasi dan rencana program melainkan yang terpenting adalah output yang dihasilkan dari program yang dilaksanakan. Ia ingin program hasil dari Rakernas DJKN dapat memberikan dampak yang luas baik secara ekonomi maupun sosial bagi stakeholder DJKN dan juga masyarakat umum. “Sejatinya, substansi yang diharapkan adalah value creation melalui perbaikan terus menerus atas business model layanan manajemen aset, penilaian, dan lelang DJKN yang bermanfaat dan berkontribusi,” jelasnya pada penutupan Rakernas DJKN 2021 pada Rabu (1/9) secara daring.

Menurutnya, Rakernas DJKN harus menjadi komitmen yang tidak hanya sebatas pada intermediate objective dimana hanya mengelola kekayaan negara, melaksanakan penilaian, lelang, dan mengurus piutang semata. ”Rakernas harus melahirkan butir-butir rekomendasi yang mempercepat capaian kepada hal yang filosofis yaitu ultimate objective sehingga DJKN dapat meningkatkan peran pentingnya dalam  keuangan negara dan berkontribusi secara finansial, ekonomi, dan sosial  yang bermuara pada peningkatan perekonomian nasional,” terangnya lebih lanjut.

Dalam kesempatan tersebut, Rionald juga menekankan agar rencana kerja yang masih berjalan dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Ia juga meminta agar butir-butir komitmen dalam Rakernas yang menurutnya bersifat inovatif dan menantang dapat diprioritaskan untuk segera dilaksanakan. Butir-butir Rakernas yang dimaksud antaralain: Piloting pada 17 KPKNL untuk mewujudkan layanan DJKN yang digital, sederhana, dan cepat, Single platform “Satu DJKN”, Re-inventing penyelesaian Piutang Negara beyond Pengurusan Piutang Negara, beberapa Blue-print baru terkait manajemen SDM.

Lebih lanjut, Rio berpesan agar sinergi antara DJKN dan Unit Eselon I lain dapat terus terjalin. Ia menginginkan dukungan seluruh insan DJKN sehingga dapat melaksanakan tugas dan fungsi dengan lebih efektif dan efisien, serta dapat berkontribusi dalam rangka mewujudkan perekonomian yang produktif, inovatif, inklusif, dan berkeadilan. ”Tata kelola organisasi dilakukan secara optimal, pelayanan diberikan secara prima, sehingga dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat,” pungkasnya.

Pada kegiatan penutupan Rakernas DJKN 2021 tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan bagi peserta Rakernas DJKN 2021 dalam beberapa kategori. Untuk kategori Peserta Teraktif, Kontributif dan Solutif berhasil didapatkan oleh Odi Renaldi dari Komisi Kolaboratif, Adi Wibowo dari Komisi Digital, Desak Putu Jeny dari Komisi Inovatif dan Asep Wawan dari Komisi Militan. Kemudian yang selanjutnya adalah penghargaan bagi Moderator Terbaik yang jatuh kepada Maulina Fahmilita dari Komisi Digital yang berasal dari Kantor Wilayah (Kanwil) DJKN Sumatera Utara. Penghargaan terakhir adalah penghargaan bagi Komisi Terbaik yang berhasil dimenangkan oleh Komisi Kolaboratif yang diketua oleh Aloysius Yanis Dhaniarto dari Kanwil DJKN DKI Jakarta. (fz/ek-humas)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini