Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Pembukaan Rakernas DJKN, Ini Pesan Menkeu Pada Jajarannya
Esti Retnowati
Senin, 30 Agustus 2021 pukul 22:03:08   |   495 kali

Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) secara virtual pada Senin (30/8). Rakernas yang bertajuk Inovasi DJKN dalam rangka Optimalisasi Pengelolaan Kekayaan Negara ini dihadiri oleh seluruh jajaran DJKN yang berada pada Kantor Pusat maupun kantor vertikal di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam arahannya, Menkeu berpesan kepada seluruh jajaran DJKN untuk terus berinovasi dalam mengomunikasikan dan mengedukasi masyarakat terkait keuangan negara dalam kaitannya dengan pengelolaan aset negara dengan strategi yang baik serta terus meningkatkan kompetensinya sebagai pengelola aset negara.

“Kreatif dan inovatif dalam mengelola aset. Bagaimana kekayaan negara itu dapat dimanfaatkan dengan baik dan dioptimalkan, apalagi kita menghadapi tekanan keuangan negara akibat pandemi. Dimanfaatkan dengan baik itu juga harus kita fikirkan rate of return-nya, baik dari sisi finansial ekonomi juga sosialnya dihitung. DJKN harus bisa menjadi aset manager yang andal,” ujarnya.

Selain itu, Menkeu juga berpesan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan investasi. “Ini juga perlu harus mulai ditingkatkan (yakni –red) cara kita melakukan PMN (Penyertaan Modal Negara –red) yang betul betul menimbulkan confidence bahwa ini adalah sesuatu yang akan menghasilkan kekayaan negara yang baik, yang akan produktif, yang ada manfaatnya. Saya minta untuk berbagai investasi dan PMN ini, DJKN melakukan template monitoring yang konsisten,” tuturnya.

Menkeu juga menyampaikan apresiasi kepada jajaran DJKN yang telah membuat program dalam rangka penyesuaian terhadap situasi pandemi Covid-19, yakni keringanan utang (Crash Program Piutang Negara) serta kompetisi dan inovasi lelang produk UMKM (Kedai Lelang UMKM) untuk memfasilitasi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memasarkan produknya. 

“Saya Berharap Indonesia akan terus diurus oleh jajaran-jajaran Kementerian Keuangan yang kompeten di bidang keuangan negara dan khususnya kekayaan negara. Menjadi sebuah instansi yang mampu mengelola keuangan negara dengan sebaik baiknya, dengan manfaat yang setinggi tingginya, dan kekayan negara yang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan perekonomian,” pungkasnya. (er)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini