Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Perkuat Validitas Data Penilaian, DJKN Jelaskan Pentingnya Teknik Survey Lapangan
Faza Fakhriyan Wildan
Kamis, 08 Juli 2021 pukul 11:14:09   |   422 kali

Jakarta – Direktur Penilaian Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kurniawan Nizar menekankan pentingnya validitas data penilaian bagi profesi penilai pemerintah. Hal tersebut dikarenakan apabila data yang diperoleh tidak valid maka akan memberikan hasil akhir penilaian dengan kualitas yang rendah. “Diprofesi kita penilaian, data merupakan suatu hal yang sangat penting, sangat krusial dan sangat kritis,” ungkap Nizar dalam Knowledge Sharing Teknik Survei Lapangan pada Rabu (7/7) secara daring melalui aplikasi video conference.

Untuk memperkuat kualitas data tersebut, ia mengatakan bahwa perlu ditentukan teknik survei lapangan yang tepat dalam setiap proses penilaian. Gambaran mengenai objek penilaian secara komprehensif sekaligus kondisi pasar dari objek penilaian itu sendiri harus didapatkan dengan jelas sesuai apa yang ada di lapangan. “Perencanaan kegiatan survei lapangan merupakan salah satu langkah yang perlu dipersiapkan dengan baik oleh penilai pemerintah sebelum turun ke lapangan,” terangnya. 

Nizar juga mengatakan bahwa penilai pemerintah harus memiliki pemahaman awal terkait dengan objek penilaian, objek pembanding maupun pasar dari objek penilaian. Tak hanya itu, penilai pemerintah juga perlu menetapkan target data dan informasi yang ingin diperoleh agar survei lapangan dapat dilaksanakan lebih efektif dan efisien.

Lebih lanjut terkait dengan teknik survei lapangan di masa pandemi, Nizar mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan penilai pemerintah nantinya dapat melaksanakan survei lapangan di masa pandemi dengan mengoptimalkan berbagai teknologi terkini. “Misalnya menggunakan video conference, penggunaan drone maupun citra satelit atau apapun,” jelasnya.

Dalam kegiatan yang merupakan rangkaian Carnival Penilaian 2021 tersebut, hadir pula Pimpinan Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) Rizki Djunaedy & Rekan Rizki Novarino sebagai narasumber dalam sharing knowledge. Rizki memaparkan pengalamannya dalam melakukan penilaian serta menentukan teknik survei lapangan yang digunakan. Menurutnya, dalam menentukan teknik survei lapangan perlu memperhatikan empat hal utama yaitu menentukan penyebaran lokasi data pembanding, memverifikasi data error terhadap data pembanding, adjustment data pasar, serta kriteria data pembanding. (fz-humas)

 

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini