Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Bincang Santai Pelelang bersama Dirjen KN, PPLN Berbagi Tips dan Trik Hadapi Pemeriksaan
Bend Abidin Santosa
Selasa, 29 Juni 2021 pukul 16:21:29   |   471 kali

Perkumpulan Pejabat Lelang Negara (PPLN) untuk pertama kalinya menyelenggarakan bincang santai pelelang bersama Direktur Jendela Kekayaan Negara Rionald Silaban secara virtual pada Senin, (28/6).

Acara yang dibuka oleh Ketua Umum PPLN Palomes Tampubolon ini mengupas tuntas mengenai tips dan trik pelelang dalam menghadapi pemeriksaan baik perdata, pidana, dan tata usaha negara.


Palomes menyampaikan bahwa acara ini merupakan suatu bentuk konsistensi ikhtiar insan Lelang indonesia dan PPLN untuk menyediakan forum dan wadah komunikasi, koordinasi, konsolidasi serta edukasi berbagai informasi penting. “Ke depannya acara ini diharapkan dapat dijadikan pedoman pelaksanaan jabatan serta solusi terhadap permasalahan dan problematika hukum yang timbul dalam praktik terutama saat pandemi Covid 19 seperti saat ini,” ungkapnya.


Dalam acara yang dikemas santai namun serius ini, Dirjen KN Rionald Silaban selaku penikmat dan pembeli setia lelang barang seni, mengaku lebih percaya mekanisme terbentuknya harga barang seni melalui sistem lelang.


Rionald juga memberikan apresiasi pada profesi Pelelang sebagai Fiduciary Duty yaitu seseorang (person) yang memegang posisi sebagai orang yang mendapatkan kepercayaan dan wajib untuk menjalankan kepercayaan tersebut dengan itikad baik. “Sehingga diharapkan pelelang dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, senantiasa menerapkan prinsip know your customer  agar dapat memberikan yang terbaik untuk DJKN dan tidak mencederai korps, terutama integritas dan profesionalisme. Saya bukan orang penting, tapi lingkungan saya lebih penting," pungkasnya.


Sesi pertama acara bincang santai menghadirkan nara sumber Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat sekaligus Dewan Pengawas PPLN yang merupakan pejabat lelang senior Tavianto Noegroho serta Pelelang Ahli Madya KPKNL Surabaya Win Handoyo dan moderator Tiar Nurita Qadarsih.


Melalui kepiawaiannya, Tiar sukses membuat acara berlangsung hangat dan akrab, terbukti dari tingginya animo peserta untuk mengikuti acara dan mengajukan pertanyaan. Dengan celetukan khas stand up comedynya, Tiar berhasil membawa nara sumber dan peserta hanyut dalam berbagai cerita dan realita menjadi seorang pelelang.


Berbagai intermezo menambah semarak acara mulai dari quiz interaktif, pemutaran video testimoni dari pelelang milenial, sampai penayangan profil para pelelang dari berbagai belahan indonesia.

 

Bincang santai selanjutnya, menghadirkan nara sumber dari pakar litigasi yaitu Kepala Seksi Bantuan Hukum III Subdit Bantuan Hukum Direktorat Hukum dan Humas Andri Dwinanto serta Dyu Rachardono sebagai Ketua Bidang Perlindungan Profesi dan Kajian Perundang-undangan PPLN. Segala hal terkait tips dan trik menghadapi berbagai pemeriksaan mulai dari perdata, pidana sampai tata usaha negara dikupas tuntas dan jelas.


Andri mengungkapkan bahwa gugatan maupun panggilan dari penegak hukum merupakan hal yang lumrah terjadi. "Gugatan maupun panggilan dari para penegak hukum adalah suatu hal yang lumrah terjadi, namun sepanjang dokumen lengkap, memenuhi legalitas formal subjek dan objek lelang, dan tidak ada unsur fraud maka tidak perlu ada yang dikhawatirkan," ungkap Andri.

Di akhir acara, Ketua Umum PPLN Palomes mengajak peserta yang merupakan para pelelang dan calon pelelang yang mengikuti bincang santai ini, harusnya tidak ada lagi keraguan dan kegalauan untuk mengambil jalur karir sebagai jafung pelelang. "Jadi tunggu apalagi, mari bergabunglah bersama kami. Pelelang," pungkas Palomes mengakhiri. (Penulis: Ginanjar Rahayu)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini