Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Tasikmalaya Sosialisasikan Inovasi Layanan BARAYA (Barcode Layanan)
Hadiwijaya
Rabu, 09 Juni 2021 pukul 11:50:07   |   543 kali

Tasikmalaya – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tasikmalaya melaksanakan sosialisasi inovasi layanan yang diberi nama BARAYA (Barcode Layanan), Selasa (8/6). Sosialisasi dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh perwakilan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Jawa Barat dan seluruh KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Barat.

 

Kepala KPKNL Tasikmalaya Laesintje Wilar mengatakan bahwa dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap pengguna layanan/stakeholders, KPKNL Tasikmalaya telah melakukan berbagai langkah inovasi, salah satunya melalui pengembangan aplikasi BARAYA. Sebagai tahap permulaan, implementasi BARAYA di KPKNL Tasikmalaya ini hanya digunakan dalam layanan lelang. “Ke depannya seluruh layanan utama (Pengelolaan Kekayaan Negara, Penilaian dan Piutang Negara -red) akan menggunakan aplikasi ini dengan berbagai penyesuaian sesuai kebutuhan,” terangnya.

 

Lebih lanjut, Laesintje menyampaikan bahwa pengembangan BARAYA di KPKNL Tasikmalaya telah mendapat apresiasi dari Direktorat Lelang Kantor Pusat DJKN karena dinilai sangat  bermanfaat dalam peningkatan pelayanan khususnya lelang. Pihaknya pun telah merekomendasikan kepada seluruh KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Barat untuk melakukan replikasi terhadap aplikasi ini.

 

“Kami persilahkan kepada seluruh KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Barat untuk melakukan replikasi terhadap aplikasi ini dengan cara ATM (Amati Tiru dan Modifikasi),” ujarnya.

 

Pada kesempatan itu, Laesintje juga mempersilakan pengembang dari inovasi BARAYA, Pejabat Fungsional Pelelang Pertama pada KPKNL Tasikmalaya Dwi Latifa Sari untuk memberikan sosialisasi terkait aplikasi tersebut. Dengan sosialisasi itu, dirinya berharap seluruh peserta dapat menerima informasi secara jelas dan lengkap dari sumbernya sehingga mempermudah proses replikasi di unit masing-masing. Ia juga menawarkan untuk melakukan kunjungan kerja ke KPKNL yang berminat melakukan replikasi.

 

Sebagai informasi, implementasi BARAYA yang dikembangkan KPKNL Tasikmalaya merupakan layanan terintegrasi pada KPKNL Tasikmalaya yang terdiri dari empat fitur layanan. Fitur yang Pertama adalah Sistem penerimaan surat masuk ber-barcode yang terintegrasi dengan Layanan WhatsApp Jawab Otomatis. Dengan fasilitas ini, Pemohon layanan akan mendapatkan bukti tanda terima surat masuk yang tertera barcode dan kode unik yang digunakan untuk melihat hasil tindak lanjut layanan yang diajukannya.

 

Fitur yang Kedua adalah Layanan WhatsApp Jawab otomatis. Dengan fasilitas ini Pemohon layanan dapat mengakses secara mandiri hasil tindak lanjut layanan melalui pindai barcode yang tertera pada bukti tanda terima surat masuk atau dengan mengirimkan kode unik yang terdapat pada bukti tanda terima surat masuk dan terhubung dengan WhatsApp layanan KPKNL Tasikmalaya, sehingga dapat mempercepat penyampaian informasi kepada pengguna layanan sejauh mana dokumen permohonan diproses.

 

Fitur yang ketiga adalah InTasik. Dengan Aplikasi berbasis appsheet ini Pemohon layanan dapat  mengupdate sekaligus memantau progress layanan pada KPKNL Tasikmalaya. Fitur yang keempatDigital Folder KPKNL Tasikmalaya. Adalah media pengarsipan data digital bagi KPKNL sebagi bentuk dukungan kepada Kementerian Keuangan dalam penerapan digitalisasi arsip. (Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Tasikmalaya)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini