Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Tingkatkan Kualitas Layanan, Kanwil DJKN Kalbar Luncurkan Layanan Online SIMPELMAN
Thaus Sugihilmi Arya Putra
Jum'at, 21 Mei 2021 pukul 14:54:04   |   572 kali

Pontianak – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kalimantan Barat mengadakan kegiatan launching layanan online SIMPELMAN yang merupakan wujud upaya DJKN dalam rangka meningkatkan kualitas layanan dan mendukung pencapaian kinerja pada Jumat, (21/5) di Pontianak.


Acara launching layanan online dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Barat, Dirjen Kekayaan Negara, seluruh pimpinan wilayah kementerian/lembaga(K/L) termasuk Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalimantan Barat, para kepala daerah, pimpinan satker K/L, pimpinan perbankan dan stakeholders se-Kalimantan Barat.


Layanan online melalui aplikasi Sistem Monitoring Pelayanan Manajemen Aset Negara (SIMPELMAN) dapat diakses melalui http://simpelman.kemenkeu.go.id. Layanan online ini melengkapi layanan online yang sudah ada antara lain layanan lelang melalui e-auction (lelang.go.id). Diharapkan dengan layanan online ini, semua layanan Kanwil DJKN dan KPKNL lingkup Kalimantan Barat dapat dilakukan secara online.


Layanan online ini akan meningkatkan efisiensi waktu dan biaya expedisi layanan ke Kanwil DJKN dan KPKNL lingkup Kalimantan Barat. Stakeholders/mitra kerja dapat mengajukan layanan secara online dan tidak perlu mengeluarkan biaya pengiriman, dan stakeholders/mitra kerja akan mendapatkan feedback atas layanan yang disampaikan. Di samping itu, progress penyelesaian layanan dapat dimonitor sehingga meminimalkan penyelesaian layanan yang melampaui SOP. Kanwil DJKN Kalimantan Barat, KPKNL Pontianak, dan KPKNL Singkawang  juga dapat segera memproses layanan yang diajukan secara online oleh stakeholders/mitra kerja yang ada Kalimantan Barat.


Melalui acara ini, diharapkan seluruh stakeholders/mitra kerja DJKN Kalimantan Barat dapat segera menggunakan layanan online yang di-launching saat ini, sehingga benar-benar dirasakan manfaatnya. Selain itu, pimpinan Kanwil DJKN Kalbar juga mendorong agar seluruh jajaran kanwil DJKN Kalbar meningkatkan integritas dan tetap berinovasi untuk memberikan layanan yang terbaik. Dengan demikian, layanan yang cepat, tepat, proaktif, tulus dan bebas dari KKN sungguh-sungguh terwujud di Kanwil DJKN Kalimantan Barat.


Pada 2020, Kanwil DJKN Kalimantan Barat telah meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan pada tahun 2021 mengikuti pembangunan zona integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dan mengikuti penilaian Kantor Wilayah Terbaik (KWT) di lingkungan Kemenerian Keuangan RI.


Dekan Fakultas Teknik Tanjungpura RM. Rustamaji menyampaikan layanan online  diharapkan dapat menyebarkan semangat peningkatan kualitas layanan publik yang lebih baik kepada masyarakat. “Sebagai institusi publik, sudah selayaknya seluruh instansi pemerintah meningkatkan kualitas layanannya. Layanan publik yang berkualitas yang dibutuhkan rakyat adalah layanan yang cepat, tepat dan bebas pungutan liar,” ujarnya.


Disamping itu, lanjutnya, juga sudah selayaknya layanan publik mengikuti perkembangan teknologi informasi.  Dalam melayani stakeholders/mitra, Kanwil DJKN Kalbar terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dengan meningkatkan kualitas SDM (human approach) dan penyederhanaan proses bisnis/sistem dan prosedur (system approach). Peningkatan kualitas SDM, dilakukan dengan meingkatkan soft dan hard comptency yang bertujuan antara lain meningkatkan integritas dan kemampuan teknis insan DJKN. Dengan demikian diharapkan seluruh insan DJKN termasuk di Kantor Wilayah dan Kantor Pelayanan (KPKNL) dapat melayani dengan cepat, tepat, proaktif, tulus dan bebas dari KKN.


Penyederhanaan proses bisnis/sistem dan prosedur dilakukan untuk mempersingkat dan mempercepat layanan dan memberikan kepastian waktu layanan. DJKN juga berupaya menggunakan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas layanan apalagi pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Dalam masa new normal sudah selayaknya instansi Pemerintah mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dalam men-delivery layanannya.


Pada kesempatan tersebut,  Kanwil DJKN Kalimantan memberikan apresiasi kepada Dekan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura dan Tim Pengembang aplikasi atas sinergi kerjasamanya sehingga dapat mewujudkan layanan online lingkup Kanwil DJKN Kalimantan Barat.

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini