Pontianak – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan
Negara (DJKN) Kalimantan Barat mengadakan kegiatan launching layanan online
SIMPELMAN yang merupakan wujud upaya DJKN dalam rangka meningkatkan kualitas
layanan dan mendukung pencapaian kinerja pada Jumat, (21/5) di Pontianak.
Acara launching layanan online dihadiri oleh Gubernur
Kalimantan Barat, Dirjen Kekayaan Negara, seluruh pimpinan wilayah kementerian/lembaga(K/L)
termasuk Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalimantan Barat, para kepala
daerah, pimpinan satker K/L, pimpinan perbankan dan stakeholders se-Kalimantan
Barat.
Layanan online melalui aplikasi Sistem Monitoring Pelayanan
Manajemen Aset Negara (SIMPELMAN) dapat diakses melalui
http://simpelman.kemenkeu.go.id. Layanan online ini melengkapi layanan online
yang sudah ada antara lain layanan lelang melalui e-auction (lelang.go.id).
Diharapkan dengan layanan online ini, semua layanan Kanwil DJKN dan KPKNL
lingkup Kalimantan Barat dapat dilakukan secara online.
Layanan online ini akan meningkatkan efisiensi waktu dan
biaya expedisi layanan ke Kanwil DJKN dan KPKNL lingkup Kalimantan Barat.
Stakeholders/mitra kerja dapat mengajukan layanan secara online dan tidak perlu
mengeluarkan biaya pengiriman, dan stakeholders/mitra kerja akan mendapatkan
feedback atas layanan yang disampaikan. Di samping itu, progress penyelesaian
layanan dapat dimonitor sehingga meminimalkan penyelesaian layanan yang
melampaui SOP. Kanwil DJKN Kalimantan Barat, KPKNL Pontianak, dan KPKNL
Singkawang juga dapat segera memproses
layanan yang diajukan secara online oleh stakeholders/mitra kerja yang ada
Kalimantan Barat.
Melalui acara ini, diharapkan seluruh stakeholders/mitra
kerja DJKN Kalimantan Barat dapat segera menggunakan layanan online yang
di-launching saat ini, sehingga benar-benar dirasakan manfaatnya. Selain itu,
pimpinan Kanwil DJKN Kalbar juga mendorong agar seluruh jajaran kanwil DJKN
Kalbar meningkatkan integritas dan tetap berinovasi untuk memberikan layanan
yang terbaik. Dengan demikian, layanan yang cepat, tepat, proaktif, tulus dan
bebas dari KKN sungguh-sungguh terwujud di Kanwil DJKN Kalimantan Barat.
Pada 2020, Kanwil DJKN Kalimantan Barat telah meraih
predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan pada tahun 2021 mengikuti pembangunan
zona integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dan
mengikuti penilaian Kantor Wilayah Terbaik (KWT) di lingkungan Kemenerian
Keuangan RI.
Dekan Fakultas Teknik Tanjungpura RM. Rustamaji menyampaikan
layanan online diharapkan dapat
menyebarkan semangat peningkatan kualitas layanan publik yang lebih baik kepada
masyarakat. “Sebagai institusi publik, sudah selayaknya seluruh instansi
pemerintah meningkatkan kualitas layanannya. Layanan publik yang berkualitas
yang dibutuhkan rakyat adalah layanan yang cepat, tepat dan bebas pungutan liar,”
ujarnya.
Disamping itu, lanjutnya, juga sudah selayaknya layanan
publik mengikuti perkembangan teknologi informasi. Dalam melayani stakeholders/mitra, Kanwil
DJKN Kalbar terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dengan meningkatkan
kualitas SDM (human approach) dan penyederhanaan proses bisnis/sistem
dan prosedur (system approach). Peningkatan kualitas SDM, dilakukan dengan
meingkatkan soft dan hard comptency yang bertujuan antara lain meningkatkan
integritas dan kemampuan teknis insan DJKN. Dengan demikian diharapkan seluruh
insan DJKN termasuk di Kantor Wilayah dan Kantor Pelayanan (KPKNL) dapat
melayani dengan cepat, tepat, proaktif, tulus dan bebas dari KKN.
Penyederhanaan proses bisnis/sistem dan prosedur dilakukan
untuk mempersingkat dan mempercepat layanan dan memberikan kepastian waktu
layanan. DJKN juga berupaya menggunakan teknologi informasi untuk meningkatkan
kualitas layanan apalagi pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Dalam masa new
normal sudah selayaknya instansi Pemerintah mengoptimalkan penggunaan teknologi
informasi dalam men-delivery layanannya.
Pada kesempatan tersebut,
Kanwil DJKN Kalimantan memberikan apresiasi kepada Dekan Fakultas Teknik
Universitas Tanjungpura dan Tim Pengembang aplikasi atas sinergi kerjasamanya
sehingga dapat mewujudkan layanan online lingkup Kanwil DJKN Kalimantan Barat.