Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kunjungi Kanwil Jatim, Dirjen Kekayaan Negara : Mari Kita Ciptakan Operational Sistem Yang Bagus!
Muhammad Rudi Hidayat
Kamis, 20 Mei 2021 pukul 18:51:39   |   449 kali

Surabaya – Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban menceritakan tentang suksesnya Raja Baja Lakshmi Narayan Mittal, pendiri perusahaan baja Ispat Indo  di Surabaya yang sukses mendirikan Mittal Steel Company di London. Lakshmi Mittal merupakan orang terkaya ketiga didunia. Mittal telah menciptakan operating sistem perusahaan yang bagus sehingga mampu menjadi raksasa global. “DJKN harus terinspirasi dari Mittal Steel. Mari bersama pegawai ground worker milenial DJKN kita harus memiliki operating system yang bagus,” ujarnya saat memberikan pesan kepada pegawai Kanwil DJKN Jawa Timur saat melakukan kunjungan kerjanya ke Surabaya pada Kamis (20/5).


Dirjen KN juga berpesan kepada khususnya pegawai milenial sebagai ground worker harus memiliki semangat kerja yang tinggi. “Pekerjaan harus dinikmati. Semakin menikmati maka kita akan semakin mampu. Dalam berperilaku kita harus menyadari bahwa pekerjaan itu adalah ilmu, jadilah orang yang mahir dalam menyelesaikan pekerjaan,” pesannya.


Rionald Silaban memberikan arahan terkait new issues tugas yang akan diemban DJKN saat ini. Penyelesaian kasus bantuan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) merupakan new issues yang nanti akan mempengaruhi reputasi DJKN. Pria yang akrab disapa Rio ini berharap hak negara dalam pengurusan penyelesaian tidaklah hilang sehingga diperlukan langkah baru sistem penagihan.


“Isu utang negara juga merupakan hal sensitif yang selalu diungkit oleh media,” ujarnya. Rio menyampaikan pesan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani yang mengharapkan DJKN dapat menciptakan aset untuk under aset utang, sehingga aset negara mempunyai fungsi keuangan negara dalam pembangunan ekonomi. Selain itu, dirinya juga menyampaikan bahwa berahirnya hak konsesi merupakan pekerjaan rumah yang baru bagi DJKN.


Kunjungan kerja ini dilaksanakan denagn tetap mengedepankan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dan diselenggarakan secara hybrid yaitu terselenggara secara fisik dan daring.


Kegiatan ini diselenggarakan di aula Gedung Keuangan Negara II Surabaya dan dihadiri secara fisik oleh pejabat dan pegawai Kanwil DJKN Jawa Timur yang sedang melaksanakan WFO, Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Neara dan Lelang (KPKNL) Surabaya dan KPKNL Sidoarjo dengan didampingi kepala seksi. Sedangkan kegiatan secara daring diikuti oleh seluruh pegawai DJKN di Jawa Timur yaitu pegawai Kanwil DJKN Jawa Timur yang sedang WFH, KPKNL Surabaya, KPKNL Sidoarjo, KPKNL Malang, KPKNL Jember, KPKNL Madiun dan KPKNL Pamekasan.

 

Sebelumnya, Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur Tugas Agus Priyo Waluyo dalam pidato pembukaannnya melaporkan kepada Dirjen KN mengenai beban tugas dan capaian yang telah diraih. Pria yang akrab disapa Agus ini menjelaskan beban kerja sertifikasi tanah BMN. “Program sertifikasi ini merupakan pekerjaan yang menyita perhatian terlebih lagi terdapat limpahan pengurusan sertifikasi dari Kanwil DJKN DKI Jakarta,” ujarnya.


Agus juga melaporkan bahwa Kanwil DJKN Jawa Timur telah memulai proses menuju Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi dengan membentuk tim yang melibatkan seluruh pegawai. Ia berharap Kanwil DJKN Jatim akan langsung lolos ZI WBK tanpa perlu melakukan remedial. Selain itu, ia juga menyampaikan kepada Rionald Silaban bahwa Kanwil Jawa Timur telah mendapatkan pelatihan pojok KBPU oleh PT PII. Proses KBPU ini lebih lanjut dijelaskan secara detail oleh Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan Meirijal Nur.

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini