Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Berita DJKN

Tingkatkan Skill Menulis, Kanwil DJKN SJB Adakan Edukasi Penyusunan Artikel

Rabu, 28 April 2021 pukul 15:35:33   |   127 kali

Palembang – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Sumsel, Jambi, dan Babel (SJB) mengadakan webinar/zoom meeting dengan mengambil tema “Edukasi Teknik Penyusunan Artikel” pada Rabu, (28/4).


Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB ini, dibuka dengan sambutan Kepala Kanwil DJKN SJB, Surya Hadi. Surya mengucapkan terima kasih atas atensi luar biasa peserta yang hadir yang berjumalh sekitar 360-an orang pada webinar ini. Ia menyampaikan kegiatan pada hari Rabu merupakan program rutin di lingkungan Kanwil DJKN SJB yang diberi nama RAMU atau RAbu berilMU pengetahuan.


“Acara ini juga dilatarbelakangi trend pegawai terutama kalangan DJKN Muda yang kesulitan untuk menulis suatu artikel,” ungkapnya. Ia berharap acara ini dapat mendorong pegawai untuk dapat lebih menggencarkan nama DJKN melalui tulisan yang diunggah melalui media sosial seperti Facebook (FB) dan Instagram (IG).

Mengakhiri sambutan, Surya juga berharap hendaknya masing-masing pegawai dapat juga bertindak sebagai Public Relation bagi unitnya sehingga diperlukan suatu keahlian dan kemampuan salah satunya yaitu membuat artikel yang menarik.


Di tempat yang sama, Direktur Hukum dan Hubungan Masyarakat DJKN, Tri Wahyuningsih Retno Mulyani mengucapkan terima kasih kepada narasumber dari Biro Komunikasi dan Layanan informasi (KLI) Kementerian Keuanga  yang telah berkenan hadir untuk berbagi pengalaman terkait penulisan artikel. Ia memberikan apresiasi kepada Kanwil DJKN SJB karena telah menyelenggarakan acara yang sangat bermanfaat bagi pegawai terutama yang berkaitan dengan bidang kehumasan.


Dirinya mengungkapkan Direktorat HH telah melakukan monev pengelolaan portal web yang bertujuan untuk mendorong agar seluruh unit vertikal dapat memberikan pemutakhiran data dan berita yang terjadi di unitnya masing-masing.


“Kantor pusat berharap bahwa selalu ada berita baru yang disajikan untuk stakeholder. Monev juga dapat dijadikan katalis atau pemicu untuk menemukan penulis yang baik di kantor masing-masing”, ujarnya.

Monev, lanjutnya, dilakukan setiap triwulan dengan menitikberatkan penilaian pada penyajian berita utama, berita terbaru, penulisan artikel, serta pemutakhiran profil kantor. “Skill menulis harus ditumbuh kembangkan agar bisa menulis dengan lebih baik. Menulis bisa menyampaikan aspirasi kita terhadap kebijakan dan memberikan sudut pandang lain atas kebijakan tersebut,” ungkapnya.


Menurutnya, menulis juga bisa menyampaikan current issue yang berkembang di lingkungan sekitar  melalui pemikiran yang kritis tentunya dengan menggunakan bahasa yang sopan serta menyajikan data dan fakta yang faktual sehingga memberikan sesuatu yang membangun bagi organisasi.


Mengakhiri sambutannya, Tri berharap agar peserta webinar bisa menggali sebanyak mungkin informasi yang dibutuhkan dari narasumber sehingga bisa menjadi nilai tambah bagi unit DJKN dan khususnya unit vertikal.


Kepala Bagian Manajemen Publikasi, Biro KLI Kementerian Keuangan Rahmat Widiana menyampaikan materi Teknik Penyusunan Artikel secara komprehensif dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN SJB, Anita Wihardeni. Antusiasme para peserta tampak pada sesi tanya jawab dan menunjukkan minat yang tinggi pada metode penulisan artikel yang baik. (Tim KIHI-Kanwil SJB-13).

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |