Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Direktorat Lelang Selenggarakan Forum Diskusi Potensi Lelang Bunga
Esti Retnowati
Rabu, 21 April 2021 pukul 12:29:20   |   371 kali

Jakarta – Direktorat Lelang DJKN menyelenggarakan forum diskusi terkait potensi lelang bunga di Indonesia secara virtual pada Selasa (20/4/21). Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 324 peserta, yang terdiri dari insan lelang dari seluruh unit vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), komunitas bunga dan perwakilan dari Pemerintah Daerah DKI Jakarta. Kegiatan yang bertema “Potensi Bunga Lokal untuk Dikembangkan dengan Lelang Indonesia” ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang potensi lelang bunga di Indonesia.

Tenaga Pengkaji Harmonisasi Kebijakan Djanurindro Wibowo dalam sambutannya mengatakan bahwa bunga tidak hanya ditanam di perkebunan untuk dipandang atau dinikmati, kini bunga merupakan salah satu komoditi yang diperdagangkan dan memiliki banyak peminat. Lelang non eksekusi sukarela dapat diterapkan dalam pengembangan penjualan produk UMKM yang selama ini dilakukan secara konvensional (jual beli langsung) itu.

“Indonesia memiliki bermacam florikultura yang tumbuh di berbagai wilayah, terdapat 12 jenis tanaman florikultura atau hias di 34 provinsi Indonesia yang merupakan potensi besar untuk dikembangkan dan dijual melalui lelang,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia berharap bahwa forum diskusi ini dapat memberikan masukan tentang pengembangan lelang bunga lokal, termasuk di dalamnya pembahasan terkait mekanisme pemasaran, ekpedisi maupun pengembangan fariestas pengembangan bunga lain guna menembus bunga lokal ke pasar internasional. “Diharapkan penjualan melalui lelang dapat meningkatkan nilai jual barang dan menguntungkan pihak penjual,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, forum diskusi ini juga menghadirkan tiga pembicara dari Direktorat Lelang yakni Kepala Subdirektorat Bina Lelang I Kurnia Ratna Cahyanti, Kepala Subdirektorat Bina Lelang II Erris Eka Sundari, dan Kepala Subdirektorat Bina Lelang III Diki Zenal Abidin dengan moderator Kepala Seksi pada Subdirektorat Bina Lelang II Nurintan Rismauli Marpaung. (er)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini