Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Gelar KOIN vol.II, Dirjen KN : Kelola Aset untuk Tingkatkan Manfaat Sosial-Ekonomi pada Masyarakat
Faza Fakhriyan Wildan
Sabtu, 06 Maret 2021 pukul 09:56:36   |   347 kali

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) kembali menggelar Kompetisi Inovasi (KOIN) Asset Manager. Berbeda dengan tahun lalu, KOIN vol.II kali ini akan berlangsung dalam dua kategori perlombaan pengelolaan aset yaitu kategori pertama adalah implementasi KOIN vol.I dan kategori kedua adalah rencana dan realisasi pengelolaan aset yang berlangsung selama dua tahun. “Ada dua lomba, satu yang kelanjutan tahun lalu, seberapa jauh realisasinya. kemudian yang kedua kita akan buat babak baru yang berlangsung selama dua tahun,” terang Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata dalam peluncuran KOIN vol.II pada Jumat (5/3) secara daring.


Isa menjelaskan bahwa perubahan kategori dan teknis lomba tersebut bertujuan agar inovasi pengelolaan aset yang sudah dilakukan oleh tim KOIN dari setiap Kantor Wilayah (Kanwil) DJKN dapat memberikan dampak sosial-ekonomi yang nyata pada masyarakat. “Ternyata satu tahun tidak selalu cukup untuk kemudian sampai kepada realisasi yang signifikan bukan sekedar penandatanganan perjanjian atau pembayaran PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak-red) tapi betul-betul yang memberikan manfaat sosial-ekonomi pada masyarakat,” jelasnya.


Menutup arahannya, ia berpesan kepada seluruh peserta KOIN vol.II agar tidak hanya melihat KOIN sebagai kompetisi melainkan juga sebagai wujud tanggung jawab DJKN sebagai pengelola aset negara untuk dapat memberikan manfaat sosial-ekonomi yang seluas-luasnya pada masyarakat. “Yang lebih penting kita semua sepakat dan semangat untuk membuktikan bahwa melalui KOIN ini kita dapat menunjukan kapasitas kita yang semakin meningkat untuk menjadi distinguished asset manager,” tutup Isa.


Sebelumnya, Tenaga Pengkaji Restrukturisasi, Privatisasi dan Efektivitas Kekayaan Negara Dipisahkan Ahmad Yani yang merupakan Ketua KOIN memaparkan laporan pelaksanaan KOIN vol.I dan rencana KOIN vol.II. Menurutnya pelaksanaan KOIN sudah cukup bagus dan akan selalu ditingkatkan kualitas kompetisinya agar dapat memberikan manfaat yang maksimal dalam pengelolaan aset negara.

Ia juga berharap bahwa pelaksanaan KOIN ini dapat menghasilkan insan-insan DJKN yang mampu mengelola aset negara secara kreatif, inovatif, serta kolaboratif sehingga memberikan dampak dan manfaat sosial ekonomi bagi kepentingan negara.


Sebagai informasi tambahan, KOIN merupakan kompetisi Inovasi Asset Manager DJKN yang sebelumnya sudah pernah dilaksanakan pada tahun 2020Koin DJKN diikuti oleh segenap Kantor Wilayah (Kanwil) dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) di seluruh Indonesia. Kompetisi ini bertujuan dalam rangka menjaga komitmen besar, dan sebagai langkah awal menuju a distinguished asset manager. 

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini